Header ads

Header ads
» » » Program SKPD Normal Setelah Pilgub

SOFIFI-Plt Gubernur Maluku Utara MH Natsir Thaib mengatakan, program SKPD akan berjalan normal setelah pemilihan gubernur. Saat ini program SKPD berjalan bertahap karena sebagian besar anggaran tersedot membiayai pemilihan gubernur. “Program berjalan normal mulai Juli 2018, sebab beban anggaran untuk pemilihan gubernur sudah selesai,” kata HM Natsir, Selasa (21/3).

Meski diakuinya, anggaran pemilihan gubernur dianggarkan tersendiri, termasuk anggaran SKPD, namun programnya belum berjalan normal. Natsir menyebut, ada proyek yang akan ditender harus mendapat persetujuan bidang anggaran dalam bentuk surat persediaan dana.

Sebab dikhawatirkan jangan sampai program selesai tendar persediaan dana belum ada mengakibatkan hutang seperti tahun 2017. Dalam pengelolaan program kegiatan, SKPD diminta dihati-hati. Ia menyebut, tahun 2017, program terlalu terbuka sehingga SKPD kesulitan akibat anggaran belum ada sudah dilakukan tender akhirnya menimbulkan hutang. “Begini saya tidak mau, minimal sudah ada anggaran baru tender, sehingga fungsi pelayanan berjalan baik,” paparnya.

Natsir mengatakan, proses tender saat ini sudah mulai berjalan diprioritaskan pelayanan umum seperti pendidikan dan pengadaan komputer. Natsir berharap SKPD bersabar hingga usai Pilgub baru program berjalan normal. "Kita harus hati-hati dalam pengelolaan tender karena ini menyangkut dengan keuangan," pintanya.

Natsir mengungkapkan, APBD 2018 banyak program fisik yang dipangkas akibat beban hutang yang hingga kini belum terbayar, karena masih menunggu BPK melakukan audit hutang. Belum lagi belanja pegawai setiap tahun meningkat. Pihaknya berupaya bekerja sama dengan DPRD menjalankan program Pemprov dengan baik. "Kita harus bekerja sama dengan DPRD menjalankan program ini," tandasnya. (fab)

By taliabu pos

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama