Header ads

Header ads
» » PMII Sula Desak DPRD Tolak Revisi UU MD3

SANANA-Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Kepulauan dan PKC PMII Maluku Utara (Malut) menggelar aksi unjuk rasa di kantor dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Sula, Kamis (01/3).

Aksi yang dipimpin Ketua PMII Cabang Kepulauan Sula, Surahman Kemhai dan Ketua II PMII Malut Fahmin Daiyan itu menggunakan satu buah mobil open cup dilengkapi sound system dengan mahasiswa berjumlah kurang lebih 30 orang.

Masa aksi  meminta DPRD Kepulauan Sula menolak hasil revisi Rancangan Undang-undang tentang Perubahan kedua atas Undang-undang nomor 17 tahun 2014 tentang Majelis Permusyawaratan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (Revisi UU MD3). Karena menurut mereka revisi Undang-undang MD3 ada beberapa pasal yang mengkriminalisasi hak berpendapat rakyat, diantaranya pasal 73, pasal 122 huruf (k) dan pasal 245.

Karena itu PMII Kepulauan Sula menolak pasal-pasal yang bertentangan dengan nilai-nilai demokrasi. “Kami  berpandangan, setiap warga negara berhak memberikan kritik terhadap kinerja anggota dan lembaga DPR. Adapun ekspersi yang berbeda-beda dalam memberikan kritik tidak boleh dipandang sebagai bentuk penistaan terhadap anggota dan lembaga DPR, apalagi sampai dijerat dengan hukum," tegas Ketua II PKC PMII Malut, Fahmin Daiyan.

Ketua PMII Kepsul Surahman Kemhai dalam orasinya mengatakan, DPR hanya menyelamatkan dirinya, bahkan DPR mendesain agar ada kesalahan dan pelanggaran yang dibuat, warga tidak dapat mempersalahkan mereka bahkan membuat mereka tersinggung pun akan diproses hukum.

Dalam pasal 73 menjelaskan, DPR akan menggunakan kepolisian untuk melakukan pemanggilan paksa, melakukan penyandraan selama 30 hari kepada pihak yang mencoba menuduh dan menentang DPR. Massa mendesak Peresiden Republik Indonesia Joko Widodo segera mengeluarkan PERPU pengganti Undang-undang MD3. Peresiden juga diminta tidak menandatangani revisi undang-undang MD3. (sdl)

By taliabu pos

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama