Header ads

Header ads
» » Panwaslu Hapus Nama AGK-YA di Ngidi

TERNATE-Panwaslu Kota Ternate  menertibkan alat peraga kampanye (APK) Pasangan Calon (Paslon) nomor urut 3 Abdul Gani Kasuba-M. Al Yasin Ali (AGK-YA), Senin (5/3). Panwaslu bersamaan  beberapa pihak terkait menghapus  tulisan dalam bentuk grafity  di lingkungan Ngidi Kelurahan Makassar Barat, Kecamatan Ternate Tengah.

Koordinator Divisi Pengawasan Panwaslu Kota Ternate Kifli Sahlan menjelaskan, penertiban tulisan paslon nomor urut 3  dilakukan berdasarkan PKPU nomor 4 tahun 2017 tentang kampanye. Dalam pasal 68 huruf (h) menegaskan alat peraga kampanye tidak boleh dipasang atau menggunakan fasilitas Pemerintah dan anggaran pemerintah atau Pemerintah Daerah. 

“Itu sebabnya Panwas mengambil langkah tegas  berkoordinasi dengan mitra terkait dalam hal ini adalah Kepolisian, Pemerintah dalam hal ini pihak Kelurahan, TNI dan KPU,” kata Kifli.

Selain menertibkan tulisan grafity paslon AGK-YA,  Panwaslu Kota Ternate juga mencabut sejumlah baliho yang dicetak dengan mencantumkan nama dan foto Presiden. Ada juga baliho serupa  ketika disurati untuk diturunkan,  tim kampanye paslon justru tidak menanggapinya. “Menurut PKPU nomor 4 tidak diperbolehkan, karena  PKPU nomor 4  pasal 9 ayat 4   menjelaskan  tim kampanye paslon tidak boleh mencantumkan foto Presiden dan Wakil Presiden dan atau orang lain yang bukan bagian dari anggota Parpol,” jelasnya.

Ia mengaku pihaknya  sudah konfirmasi ke anggota penyelenggara tingkat Kecamatan untuk menyurat,  tetapi setelah saat konfirmasi dengan Panwascam  tim paslon  belum menertibkan atau membersihkan. Sebab  masih ada tim kampanye paslon yang tak  menggubris.

Kifli berjanji dalam waktu dekat akan mengambil langkah tegas dan berkoordinasi dengan Kepolisian melalui Polres Ternate, Kesbangpol Kota Ternate dan KPU untuk menertibkan baliho yang seperti itu. “Itu sudah melanggar, kita mengimbau   tim pemenang  Paslon agar tidak mencetak baliho kandidat dengan mencantumkan nama dan wajah Presiden dan Wakil Presiden atau orang lain yang bukan bagian dari anggota Parpol,” tandasnya. (jun) 

By taliabu pos

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama