Header ads

Header ads
» » » Koran Masuk Desa Rangsang Partisipasi Masyarakat

WEDA-Bupati Halmahera Tengah, Edy Langkara mengatakan, gagasan koran masuk desa dalam program 100 hari kerja Elang-Rahim agar merangsang partisipasi masyarakat untuk ikut menyukseskan program pembangunan di Halmahera Tengah, sekaligus menyediakan ruang literasi bagi masyarakat untuk mengubah frame berpikir kearah yang lebih bagus.

"Koran masuk desa ini merupakan program 100 hari pemerintahan Elang-Rahim. Tujuannya, mengubah ketimpangan arus informasi karena sirkulasi koran ke desa hanya terbatas pada masyarakat,” kata bupati Halmahera Tengah Edy Langkara dalam sambutan penandatanganan MoU koran masuk desa dengan Harian Seputar Malut dan Malut Post di ruang rapat bupati, Kamis (22/3).

Dikatakan, berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kabupaten Halmahera Tengah untuk mencerdaskan masyarakat, salah satunya koran masuk desa. Menurutnya, kerjasama Pemkab Halteng dengan media untuk menyebarluaskan informasi kepada masyarakat tentang program pembangunan yang telah, sedang dan akan dilaksanakan dapat diketahui masyarakat luas. "Tanpa peran media pemerintah daerah bukanlah apa-apa dalam membangun daerah," kata Bupati.

Elang—sapaan populer Edy Langkara mengjelaskan, koran masuk desa juga menciptakan dinamika dan interaksi sosial dikalangan masyarakat pedesaan akan tumbuh dan berkembang dengan baik, apabila kebiasaan masyarakat mengikuti perkembangan melalui membaca koran dapat diwujudkan dengan baik. "Dengan kesadaran membaca, maka pemerintah daerah cepat menanggulangi situasi tersebut," urainya.

Elang berharap, dengan kerjsama koran masuk desa, masyarakat seluruh desa dapat mengikuti perkembangan pemberitaan baik ditingkat kabupaten, provinsi maupun nasional. “Kita laksanakan kerjasama ini dengan sebaik-baiknya dan berjalan lancar. "Harapan kita masyarakat bisa konsumsi informasi program pemerintah serta informasi di Maluku Utara melalui media," ujarnya.

Saat ini katanya baru dua media yang membangun kerjasama dalam program koran masuk desa. Elang berjanji kedepan seluruh media liputan Halteng akan diakomodir dalam kerjasama. Penandatanganan MoU koran masuk dilakukan Kabag Humas dan Protokoler Setda Halteng dengan Media Seputar Malut dan Malut Post disaksikan Bupati dan Wakil Bupati Halteng. Turut hadir para staf ahli, asisten, kepala DPKAD, kabag Hukum, kabag Kesra dan Kabag Organisasi. (hrn)

By taliabu pos

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama