Header ads

Header ads
» » » Gakkumdu Maluku Utara Periksa Sekjen PKPI

TERNATE-Ketua DPP PKPI Maluku Utara (Malut) Masrul H. Ibrahim yang diduga melakukan pelanggaran tindak pidan pemilu mulai ada titik terang. Kamis (22/3) tim penyidik Sentra Gerakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Maluku Utara ke Jakarta menemui Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPN PKPI Imam Anshori untuk diminta keterangan.

Sesuai Informasi, tim penyidik Sentra Gakkumdu yang dipimpin AKBP Hengky Setiawan, S. IK, Kamis (22/03) telah memeriksa Sekretaris Jenderal (Sekjen) PKPI, Imam Anshori di kantor Dewan Pengurus Nasional (DPN) PKPI. "Tadi (kemarin) penyidik sudah periksa Sekjen PKPI, Imam Anshori di kantor DPN PKPI," kata Divisi Hukum dan Penindakan Bawaslu Malut Aslan Hasan.

Menurut Aslan, nasib Ketua DPP PKPI Malut, Masrul Hi Ibrahim tergantung keterangan yang disampaikan Sekjen PKPI. Hal ini karena Masrul saat sidang pembuktian di Bawaslu mengakui perubahan SK rekomendasi DPN PKPI dari Paslon nomor urut 2 Bur-Jadi ke paslon nomor urut 3 AGK-Ya tidak diketahui DPP PKPI Malut, sehingga saat pendaftaran paslon yang diusung Nasdem, Demokrat, PKB, PBB dan Hunura ini mendaftar ke KPU ikut menandatangani berita acara.

"Nasibnya tergantung keterangan Sekjen PKPI karena saat disidang pembuktian, Masrul mengaku tidak mengetahui adanya perubahan rekomendasi. Kalau ini sudah selesai maka Masrul akan segera ditetapkan sebagai tersangka," ujar Aslan.

Menurutnya, Sekjen PKPI Imam Anshori diperiksa karena dokumen SK Perubahan dukungan Bur-Jadi ke AGK-YA diserahkan langsung Imam Anshori ke Masrul Hi Ibrahim. Apabila keterangan Sekjen PKPI dihadapan penyidik membenarkan bahwa dokumen SK perubahan dukungan itu diserahkan langsung ke Ketua DPP PKPI, maka Masrul akan segera ditetapkan menjadi tersangka karena ada unsur kesengajaan.

"Kalau dia (Masrul) tidak tahu ada perubahan SK dukungan PKPI dari Bur-Jadi ke AGK-YA maka Masrul tidak akan ditindak. Sebaliknya, apabila Masrul tahu maka akan segera ditetapkan menjadi tersangka karena sengaja melanggar UU. Memang dipembuktian bahwa dokumen perubahan dukungan itu diserahkan langsung DPN PKPI ke Ketua DPP PKPI Malut dan itu ada berita acaranya, maka penyidik memeriksa Sekjen PKPI terkait hal itu," urai Aslan. (jun)

By taliabu pos

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama