Header ads

Header ads
» » » Elektabilitas AHM-Rivai Tertinggi

TERNATE-Hasil survei terbaru lembaga riset PolMark Indonesia di Pilgub Maluku Utara 2018 beredar di sejumlah grup WhatsApp. Hasil survei dalam bentuk tabel itu memperlihatkan nama-nama para calon. Dengan urutan tingkat ketertarikan masyarakat lewat responden terpilih diwawancarai dengan metode tatap muka (face to face) oleh pewawancara yang telah dilatih.

Dari berbagai latar pekerjaan yang menentukan pilihan. Mulai dari petani, peternak, nelayan, PNS, wiraswasta sampai tidak bekerja menentukan pilihan dalam tabel tersebut. Ada juga hasil dimana ada pemilih yang tak menentukan sikap. PolMark menempatkan elektabilitas pasangan Ahmad Hidayat Mus-Rivai Umar di posisi pertama mengungguli  pasangan Burhan Abdurahman-Ishak Jamaluddin, Abdul Gani Kasuba-Al Yasin Ali, dan Muhammad Kasuba-Majid Husen.

Survei digelar pada 25-31 Januari 2018 dengan sampel 1200 responden yang dipilih di seluruh kabupaten/kota se-Maluku Utara yang terdistribudi secara proposional berdasarkan besaran jumlah pemilih menggunakan metode mustistoga rondom sampling dengan margin of error sebesar +/-2,9% dengan selang kepercayaan 95%.

PolMark melempar pertanyaan ‘Jika Pilkada Provinsi Maluku Utara dilaksanakan pada hari ini, siapakah tokoh yang anda pilih untuk menjadi gubernur/wakil gubernur Maluku Utara periode 2018-2023?’. AHM-Rivai menuduki posisi pertama dengan perolehan 24,7%, disusul Bur-Jadi 23,8%, AGK-YA 22,7% dan posisi terakhir MK-Maju mendapatkan perolehan 7,6%.

“Yang menarik adalah 11,9 persen merahasiakan jawabannya. Tidak tahu atau tidak menjawab 9,2 persen,” demikian pertimbangan dalam survei tersebut.

Sementara itu, AHM mensyukuri hasil survei yang dilakukan PolMark Indonesia Eep Saefullah Fatah. Hasil survei itu menunjukkan bahwa responden menginginkan ada gubernur baru di Maluku Utara. Berdasarkan hasil survei itu, AHM adalah calon yang lebih dipilih dibandingkan calon lainnya. "Jika melihat hasil survei, saya tentu akan mensyukuri jika ada hasil yang baik bagi saya dan Pak Rivai,” kata AHM.

Namun, AHM menyatakan tidak berpuas diri akan hasil survei tersebut. "Saya masih merasa banyak hal yang harus saya lakukan, terutama menyapa warga, karena itulah kekuatan," sambungnya. Ia bertekad kedepannya akan menyapa warga, baik di tingkat desa, kelurhan, kehamatan, pasar, dan di lokasi lainnya. Dengan begitu, ia bisa berinteraksi dan menyerap aspirasi warga.

"Itu yang akan semakin melengkapi dan menyempurnakan program aksi yang akan saya tawarkan ke masyarakat Maluku Utara," ujarnya, seraha menambahkan, ia akan terus berupaya meningkatkan elektabilitasnya di semua wilayah Maluku Utara. (rdx)

By taliabu pos

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama