Header ads

Header ads
» » Diapresiasi Menku, Bea Cukai Tingkatkan Ekspor

TERNATE-Apresiasi Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani saat kunjungan kerja (Kuker) ke Maluku Utara, membawa semangat baru Bea Cukai Maluku Utara meningkaykan ekspor ikan setelah 17 tahun vakum. Dengan dukungan Menkeu, Kantor Pabean Bea dan Cukai Ternate berusaha mengembangkan dan membantu menyediakan fasilitas eksport bagi eksportir.

Sebelum ekspor perdana, Bea Cukai Ternate melakukan ekstra effort, diharapkan bulan-bulan mendatang lebih giat merangkul eksportir melaksanakan eksport. Kepala Pabean Bea dan Cukai Ternate, Musafak menjelaskan, ketika eksport dengan jumlah yang besar dan kountinue atau berkelanjutan, akan menimbulkan variasi komponen pertumbuhan ekonomi di Malut akan baik.

Kedepan pihaknya akan mengupayakan ekspor kembali tiga perusahaan yaitu dari Morotai, Tidore dan Bacan. "Ada tiga potensi eksport langsung dari Malut melalui tiga perusahaan, namun kepastian ekpornya dipastikan. Saat ini masih menunggu kesiapan perusahaan, mulai dari bahan baku hingga produksi," jelas Musafak, Selasa (21/3).

Musafak meyakini, ekspor langsung mencegah urbanisasi. Sewaktu berbincang dengan Walikota Tidore, ekspor yang direncanakan itu merupakan hasil pemanfaatan dana desa oleh masyarakat sejalan dengan apa yang diharapkan Presiden dan Kemenku. "Di Tidore mereka memanfatkan dana desa dalam bentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) yang dikelola secara bersama, itu merupakan hal paling produktif sesuai dengan keinginan  Pemerintah," urainya.

Musafak mengatakan, dengan merangkul beberapa eksportir selain eksportir produk ikan olahan, pihaknya juga akan mengklasifikasi eksportir mana saja. Selian ikan, potensi paling nyata di Malut adalah perkebunan. Bahkan sudah beberapa kali pengiriman kopra dari Malut ke Filipina melalui pelabuhan luar Malut. "Saat ini kami akan mendekatkan produksi yang dekat dengan Malut, agar lebih efektif dan efisien derta membuka kesempatan kerja di Malut," paparnya. (nod)

By taliabu pos

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama