Header ads

Header ads
» » Bupati Danny Klaim NHM Masuk Wilayah Halbar

SOFIFI-Bupati Halmahera Barat Danny Missy mengklaim, wilayah operasi PT Nusa Halmahera Mineral (NHM) masuk wilayah Halbar. Dengan persoalan ini, Bupati Dani melaporkan Plt gubernur MH Natsir Thaib agar menindak tegas PT NHM, sehingga tidak menimbulkan permasalahan antara masyarakat dan PT NHM. "Saya datang untuk melaporkan, bahwa PT NHM beroperasi masuk wilayah saya," kata Danny di kantor gubernur Kamis (1/3).

Menurutnya, ada bocoran sejak 2015 hingga kini, PT NHM melakukan produksi di lokasi Gunung Taguraci yang merupakan wilayah hukum Pemda Halmahera Barat. Ia meminta Plt gubernur menindak lanjuti masalah ini secara tegas. Selain itu, ia juga akan membuat surat resmi untuk memanggil PT NHM.

Selama ini kata Danny, PT NHM tidak pernah berkoordinasi dengan Pemkab Halbar. Karena itu pihaknya akan mengambil langkah berkoordinasi dengan Plt gubernur, setelah itu langsung menyurat ke NHM. "Sebelum saya menyurat ke PT NHM, terlebih dahulu melaporkan kepada pemerintah Provinsi untuk menindak tegas PT NHM," katanya.

Dijelaskan, yang menjadi permasalahan, PT NHM beroperasi masuk wilayah Halbar tanpa izin. Karena itu pemerintah provinsi ditindak lanjuti secara cepat jangan sampai berdampak pada masyarakat. Ia meminta ada langkah kongkrit yang dapat dilakukan. "PT NHM ini melakukan pengeboran hingga menjalar wilayah saya, jangan menilai Pemda dan DPRD diam. Berdasarkan hasil laporan saya, nanti secara resmi Plt gubernur yang memberikan langkah tegas," paparnya,

Sementara Plt gubernur MH Natsir Thaib mengatakan, pihaknya akan menindak lanjuti laporan Pemkab Halbar, namun harus ada surat resmi untuk menindaklanjuti dengan pertemuan antara PT NHM dan Pemkab Halbar yang difalitasi Pemprov Malut. "Kita siap menindaklanjuti laporan Bupati Halbar sesuai dengan surat laporan resmi,"janjinya. (fab)

By taliabu pos

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama