Header ads

Header ads
» » » Bandara Babullah Jadi Bandara Internasional

TERNATE-Jika tidak ada aral melintang, pada 2019 Bandara Sultan Babullah Ternate akan naik status dari klas II menjadi klas I. Dengan status ino, Bandara Sultan Babullah akan ditingkatkan menjadi Bandar Udara Internasional.

Untuk menunjang itu, kini sejumlah fasilitas pendukung akan dibangun seperti Cool Storage dan terminal Cargo untuk penerbangan internasional tujuan Singapura, Hongkong dan Australia.

Kepala Bandara Sultan Babullah Ternate, Usdek Lutherman memastikan, bandara Sultan Babullah akan menjadi bandara internasional tahun depan, karena sudah ada koordinasi dengan instansi terkait seperti Bea dan Cukai berkaitan dengan Kepabeanan dan keluar masuknya barang-barang luar negeri. "Saya berharap tahun depan cool storage telah dibangun dan proses pengiriman dilakukan disejumlah negara, karena itu akan memicu terciptanya kenaikan kelas bandara, sehingga bandara internasional terbuka lebar," kata Usdek.

Menurutnya, saat ini harus kenaikan klas bandara terlebih dahulu  dari kelas II menjadi kelas I. Bahkan prosesnya sudah berada di Kementerian tinggal menunggu hasilnya. “Ini harus dilakukan persiapan dengan baik. Jika dilihat dari jumlah penumpang, sudah memungkinkan Bandara Sulatan Babullah naik klas, karena jumlah penumpang hampir mendekati seribu. Ini dilihat dari lima perusahaan penerbangan yang ada, menggunakan pesawat boing 737 seri 800 yang kapasitasnya mendekati 200 penumpang. Jika Airlinenya sebanyak lima, dan dalam sehari dua kali penerbangan untuk satu pesawat,  maka sudah mencapai 2.000 penumpang," jelasnya.

Usdek menargetkan pada 2018 ini telah selesai dan menjadi bandara kelas I. Ini merupakan barometer atau ukuran tahun 2018, minimal sampai Desember bandara Babullah Ternate menjadi bandara kelas I. Selain itu, ada beberapa bandara yang sementara dibangun, terutama di Gebe. Disana juga sedang dilakukan pengembangan run way, pembangunan terminal dan fasilitas lainnya termasuk PKBPK. "Sedangkan dana Rp 40 miliar sedang digunakan PCN di apron bravo dan alpha telah melalui proses lelang dan sudah ada kontrak," terngnya.

Dijelaskan, proses lelang tahun 2018 sudah hampir selesai, tinggal tahap pengerjaan. Kemudian percepatan ini kemungkinan akan dilanjutkan permukaan run way tahap tiga dan empat akan digabung, kemudian diselesaikan tahun 2019. Tahap satu dan dua telah dilaksanakan, sedangkan tahap tiga dan empat akan clear 2019.

"Program tambahan adalah menambah cool srorage dan terminal cargo, akan memungkinkan penerbangan keluar negeri. Dengan begitu akan ada multiplayer efek sehingga perekonomian dan wisata meningkat. Saya berharap support dan dukungan Pemerintah Daerah," harapnya. (nod)

By taliabu pos

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama