Header ads

Header ads
» » Babinsa Ikut Pelatihan Budidaya Sayuran


TOBELO-Koramil 1508-02/Galela  memberikan pelatihan budidaya sayuran kepada para Babinsa di Makoramil 1508-02/Galela, Ds Togawa,  KecamatanGalela Selatan, Kabupaten Halmahera Utara,  Maluku Utara, Rabu (28/2).

Kegiatan ini di ikuti Danramil 1508-02/Galela Kapten Inf Fiqih Saikhulkuda Arij Qodri, Pemateri Bina Tani Sejahtera bersama PT. East West Seed, Rika bersama 2 orang, serta Babinsa Koramil 1508-02/Galela sebanyak 27 orang.

Sayur merupakan sumber vitamin dan mineral. Beberapa vitamin penting yang terkandung dalam sayuran seperti vitamin A yang berasal dari Karotin berguna untuk kesehatan mata. Lalu ada mineral penting, seperti  zat besi yang berguna untuk menjaga kadar Haemoglobin darah. Sayuran  juga merupakan sumber serat yang amat dibutuhkan bagi pencernaan.

Pada kesempatan Ibu Rika menyampaikan tentang pelaksanaan pelatihan budidaya sayuran memberikan ilmu/cara budidaya sayuran jangka pendek kepada Babinsa Koramil 1508-02/Galela, sehingga para Babinsa bisa menerapkan dan membimbing masyarakat di setiap Desa binaannya supaya bisa merubah menset masyarakat di wilayah Galela yang kebanyakan Fokus pada hasil Kopra, Pala dan Cengke.

Diharapkan masyarakat bisa memanfatkan lahan yang kosong yang dimana kondisi tanah di wilayah Galela ini/Halut begitu subur. Dari sudut pandang saya untuk merubah karakter petani di wilayah Galela untuk memanfatkan lahan kosong masih susah, namum dengan adanya kerja sama dengan pihak Koramil  Galela kegiatan budidaya sayuran ini bisa berkembang kepada masyarakat di wilayah Koramil Galela dan bisa menambah hasil perekonomian masyarakat di wilayah Galela / Halut, ungkapnya.

Danramil 1508-02/Galela Kapten Inf Fiqih Saikhulkuda Arij Qodri menyampaikan kami ucapkan terima kasih kepada Tim dari Bina Tani Sejahtera bersama PT. East West Seed atas kerja samanya dalam memberikan pembekalan pertanian kepada Babinsa Koramil Galela.

Hal ini merupakan suatu bekal penting bagi para Babinsa dimana nanti akan turun langsung ke Desa-Desa untuk memberdayakan potensi pertanian yang ada di wilayah kami. Tujuan kerja sama ini semata-mata untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah Koramil Galela melalui program Pertanian.

“Harapan kami kerja sama antara Koramil Galela dan Tim Bina Tani Sejahtera dapat berkesinambungan sampai tercapai hasil yang kita inginkan yaitu kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Program ini akan berlanjut ke tahap praktek penyemaian sampai penanaman hingga Babinsa menguasai dengan benar bagaimana metode bertani yang benar dan mendapat hasil maksimal.  Selain itu diharapkan masyarakat bisa memanfatkan lahan yang kosong yang dimana kondisi tanah di wilayah Galela ini/Halut begitu subur.

“Dari sudut pandang saya untuk merubah karakter petani di wilayah Galela untuk memanfatkan lahan kosong masih susah, namum dengan adanya kerja sama dengan pihak Koramil  Galela kegiatan budidaya sayuran ini bisa berkembang kepada masyarakat di wilayah Koramil Galela dan bisa menambah hasil perekonomian masyarakat di wilayah Galela/Halut, “ ujar Rika.

Dandim 1508/Tobelo Letkol Kav Tri Sugiarto mengatakan, kegiatan tersebut dapat meningkatkan wawasan  Babinsa sebagai ujung tombak TNI AD serta ilmu yang diperoleh dapat diterapkan dengan baik dan benar, sehingga para Babinsa dapat menginformasikan ke masyarakat  tentang sayur yang beragam dan ramah lingkungan serta mengajak masyarakat  untuk menanam sayur karena sayur adalah sumber vitamin dan sumber gizi yang sangat tinggi. (WYU-1508)

By taliabu pos

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama