Header ads

Header ads
» » ASN Pulau Taliabu Diminta Netral

BOBONG-Aparatur Sipil Negara (ASN) kabupaten Pulau Taliabi diminta netral dalam pemilihan gubernur Maluku Utara. Sebab
berdasarkan  Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Negeri Sipil (ASN), pasal 6 (enam) menjelaskan, bahwa ASN terdiri dari dua yakni PNS dan P3K (pegawai pemerintah dengan perjanjian kontrak).

Ketua Panwaslu Taliabu, Adidas La Tea  mengatakan  dalam momen Pemilihan Gubernur  ini  cukup jelas  edaran  Komisi Aparatur Sipil Negara dan Menpan agar ASN dan P3K tidk berpolitik praktis, termasuk melalui  media sosial.

“ASN dan P3K dilarang   bahkan melalui media sosial pun tidak bisa menulis status tentang paslon dan memberikan caption,  menyukai (like), foto bersama, menanggapi komentar yang ada hubunganya dengan Paslon karena sanksinya cukup jelas,” papar didas  Senin (5/3).

Ia mencontohkan,  edaran Kemanpan memberikan sangksi melalui Pemerintah Daerah,  jika kedepatan ASN dan P3K melakukan pelanggaran dalam  netralitas, bukan saja lembaganya merekomendasikan  ke Pemda, tetapi  pihaknya langsung menyampaikan  ke Komite Aparatur Sipil Negara.

“ Tinggal  dilihat, apakah tindakan ASN  ada unsur pidana atau tidak atau melanggar kode etik atau tidak. Sanksinya bervariasi, satu kasus ASN  bisa kena sangsi pidana dengan  beberapa sanksi, bisa pidana, kode etik dan admnistrasi. “Tergantung  tingkat pelanggarannya,” ujar Adidas.  (nan)  

By taliabu pos

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama