Header ads

Header ads
» » » Antam Diduga Manipulasi Kelulusan Peserta Tes

TERNATE-PT Aneka Tambang Tbk UPN Maluku Utara diduga menipu peserta yang mengikuti tes penerinaan karyawan di Subaim dan Maba, Halmahera Timur. Antan dianggap tidak transparan dan nepotisme serta memanipulasi dalam seleksi karyawan dengan meloloskan calon peserta yang sudah dinyatakan gugur.

Salah satu peserta tes berinsial WS (28)  mengatakan,  Antam saat membuka rekrutmen tenaga kerja  bekerja sama dengan PT Prima Karya Sarana Sejahtera (PKSS) berjalan mulus. Semua berkas administrasi 751 peserta dinyatakan lulus. Tahapan tes tanggal 24 Februri 2018  dibagai dalam tiga zona yakni  Subaim 250 peserta, Buli 251 peserta dan 250 peserta.

Anehnya setelah mengekuti tes psikotes banyak kejangkalan dan kecurangan seperti terjadi di Buli ada 251 peserta. Bukanya mengurangi peserta yang tidak lulus justru bertambah  menjadi 376 peserta.

"Jadi yang lulus berkas 751 orang.  Tes psikotes dibagi 3 tempat yakni Subaim berjumlah 250, Buli 251 dan Maba 250 orang. Setelah psikotes hasilny banyak kecurangan. Ia mencontohkan,  tes psikotes di Buli berjumlah 251 TPI, namun  yang lulus 376 otomatis jumlahnya sudah  bertambah,” ungkap WS, Minggu (4/3).

Menariknya, salah peserta tes bernama Apriadi M Taher dengan nomor tes 125, dinyatakan tidak lulus psikotes  diganti nomor tesnya menjadi 310 dan dinyatkan lulus. Tes Antam ini  tidak transparan dan sarat napotisme karena lebih mempriotaskan peserta asal Haltim dan Pomala Sulwesi Tengah. Rata-rata peserta luar Haltim dinayatakan gugur.  Sudah begitu, tidak ada kejalasan pihak PT Antam. “Ada perminan¸ padahal tes ini untuk umum. Kami  minta Antam harus jelaskan persoalan ini sehingga ada kejelesan," pintanya. (san)

By taliabu pos

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama