Header ads

Header ads
» » Tiga Kades Terlibat Politik Praktis, Sekda Persilahkan Diproses Hukum

MABA-Beredarnya Foto tiga Kepala Desa (Kades) di Kecamatan Maba Utara Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) yang diketahui berpose dengan salah satu kandidat Calin Gubernur Maluku Utara (Malut) 2018 yaitu Muhammad Kasuba di Media social kini akan diproses.ini ditegaskan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Haltim Moh Abdu Nasar Rabu,(14/2.

Sekda berjanji akan memanggil  tiga Kepala Desa yakni Kades Maratana Jaya, John Pilat, Kades Dorolamo, Roberth Rampa, dan Kades Yawanli, Hasan H.Ali untuk dimintai Keterangan.  “Ketiga Kades akan diproses karena dalam ketentuan bukan hanya ASN, tetapi juga Kepala Desa dilarang berpolitik praktis. Karena itu dalam waktu dekat saya akan panggil mereka,” janji Sekda.

Meski demikian, Sekda mempersilahkan Panitia Pengawas Pemilu (Pamwaslu) Kabupaten Haltim memproses mereka sesuai yang berlaku. “Panwaslu yang punya kewenangan memproses mereka,” ujarnya. Seraya memastikan akan memberikan sanksi kepada tiga kades tersebut.

Terpisah, Ketua Panwaslu Haltim Suratman Kadir berjanji akan memanggil ketiga Kades itu untuk dimintai keterangan. Suratman menjelaskan, keterlibatan Kades dilarang sebagaimana dalam Undang-undang nomor 6 tahun 2006, pasal 24 huruf G, Undang-undang Desa serta SE Mendagri Nomor 273/3772 tertanggal 11 maret 2016, pasal 70 UU No 10 Tahun 2016 yang melarang Kepala Desa terlibat Politik praktis.  “Kita rencana memanggil mereka minggu depan soalnya  sementara masih ada kegiatan,” kata Suratman. (can) 

By taliabu pos

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama