Header ads

Header ads
» » Rintis Ekonomi Kreatif, TNI Latih Waega Buat Paving Blok

JAILOLO-Babinsa Koramil 1501-03/Jailolo Serda Dedy Triyono dan Serda Rismiaji melakukan inovasi dan pemberdayaan masyarakat Desa Guaemaadu Kecamatan Jailolo Halmahera Barat melalui usaha kreatif pembuatan paving blok.

Paving blok sendiri sudah bukan merupakan barang langka dan banyak dipergunakan seperti di trotoar maupun halaman rumah, namun selama ini masyarakat Halbar mendapatkan paving tersebut merupakan hasil kiriman dari Manado, sehingga terlintas ide cemerlang kedua Babinsa untuk menjadikan peluang tersebut meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Langkah awal dengan bermodalkan alat seadanya dan menggunakan dana pribadi kedua Babinsa membuat sendiri cetakan paving dari plat besi yang di las kemudian diisi dengan campuran semen dan pasir sebagai ujicoba ternyata  berhasil.

Hasilnya pun terbilang cukup bagus dan layak dipasarkan. Pada tahap awal kedua Babinsa menggandeng masyarakat sekitar Makoramil yaitu Desa Guaemaadu untuk bersama-sama membuat secara massal. Setelah ditawarkan kepada calon konsumen paving tersebut mendapatkan respon positif bahkan banjir pesanan. Tak heran,  harganya pun  jauh lebih murah dengan kualitas bersaing dan  mudah mendapatkan pasaran.

Seiring waktu berjalan dan usaha paving tersebut selalu kebanjiran order namun karena keterbatasan waktu dan dihadapkan dengan tugas kedinasan lainnya,  kedua Babinsa  menularkan keahliannya ke rekan sejawatnya para Babinsa di Koramil Jailolo.  Namun rupanya kegiatan tersebut mendapat perhatian  masyarakat   Desa Jalan Baru dan beberapa Desa sekitar sehingga mereka memohon ijin  Danramil untuk ikut serta dalam pelatihan.

Dengan restu Danramil 1501-03/Jailolo Kapten Inf Hidayah kemudian dilaksanakan pelatihan di Makoramil Jailolo dengan harapan kegiatan tersebut dapat bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Terpisah Dandim 1501/Ternate Letkol Inf Abdul Razak Rangkuti, S.Sos saat ditemui di ruang kerjanya mengaku telah mengetahui  kegiatan tersebut sekaligus mendukung serta mengapresiasi atas inovasi yang dilakukan satuan jajarannya tersebut, karena dengan usaha ekonomi kreatif akan memberikan efek domino mulai dari kesejahteraan masyarakat hingga menopang perekonomian daerah sekaligus meningkatkan PAD.

Diketahui, keberadaan Paving blok selama ini Halbar dikirim dari luar daerah dengan harga cukup tinggi  cost  pengiriman namun tanpa disadari proses pembuatannya yang sederhana maupun bahan pembuatannya yang melimpah sehingga tercetuslah ide membuat sendiri material bangunan yang merupakan bagian dari pembangunan infrastruktur urban. (REM-152)

By taliabu pos

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama