Header ads

Header ads
» » Pencari Kekerja Banjiri Pembukaan Job Fair

TERNATE-Pembukaan lowongan bursa tenaga kerja (Job Fair) yang dipusatkan di Gedung Duafa Center, dibuka oleh Walikota Ternate Burhan Abdurahman.  Job Fair kali ini beda dari tahun sebelumnnya Dinas Ketenaga Kerjaan (Disnaker) kota Ternate melakukan kerjasama dengan dua Institusi seperti Universitas Khairun Ternate dan Polres Ternate.

Kejasama Pemerintah kota dalam membuka lowongan kerja melibatkan dua institusi, dengan tujuan meningkatkan minat pekerja kalangan generasi muda. Penanda tanganan kerjasama pemerintah kota Ternate dengan kepolisian  dan Univeraitas Hairun Ternate.

Walikota Ternate dalam sambutannya mengatakan, pembaukan lowongan kerja ini merupakan kerjasama pertama pemerintah kota dengan Unkhair dan kepolisian dalam Polres Ternate, sehinga kerjasama ini merupakan upaya menjawab ketersedian tenaga kerja berkaitan dengan lowongan kerja. "Sudah pasti lowongan kerja itu sangat terbatas dibandingkan jumlah pencari kerja"  katanya.

Sementara, lowongan kerja kadang tidak diketahui pencari kerja karena terbatasnya informasi. Melalui program  job fair memberikan kesempatan kepada pencari kerja di Ternate maupun provinsi Malut dapat memanfaatkan kesempatan kerja yang diberikan pihak-pihak yang menggugat tenaga kerja melalui Disnaker. "Dengan kegiatan ini pencari kerja bisa mengetahui lowongan dibidang tertentu yang didaftarakan melalui bursa tenaga kerja," kata walikota.

Selain itu, Pemkot melihat fenomena yang ada di Ternate, setiap ada lowongan kerja selalu terjadi kuota yang diberikan pemerintah pusat tidak terpenuhi. Walikota memberikan contoh,  beberapa waktu yang lalu,  tes masuk polisi sebanyak 200 orang tapi yang lulus hanya 100 orang yang sisanya tidak lulus.

Yang tidak lulus ini karena tidak mempu memenuhi syarat-syarat yang ditetapkan seperti tes mata pelajaran dan lainnya. "Maka kerjasama pemkot dengan kepolisian, pemkot menyiapkan sarana dan para sarana dan anggaran untuk membekali generasi muda Ternate yang berminat masuk polisi," urainya. (aky)

By taliabu pos

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama