Header ads

Header ads
» » Penataan Makassar Timur Jadi Prioritas Pemkot

TERNATE-Pemerintah kota Ternate mempriotaskan perencanaan penataan kawasan kumuh di kelurahan Makassar, Ternate Tengah, sebab kelurahan tersebut  berada di jatung kota  sehingga menjadi skala prioritas  tahun 2018.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkim) kota Ternate Rizal Marsaoly menjelaskan, penataan kawasan kumuh di kota Ternate sesuai skalah prioritas. Sesuai  surat keputusan (SK) waliota Ternate, kurang lebih 17 kelurahan. Dalam penanganan kawasan kumuh, pihaknya akan melihat skala kumuh di lapangan sehingga penangananpun sangat berbeda-beda. "Dari 17 kelurahan yang masuk dalam kawasan kumuh terindektifikasi dalam SK walikota, penanganannya sampai 2021 sesuai dengan program pemerintah pusat baik Pengembangan Penyehatan lingkungan Pemukiman (Bankim) provinsi Malut maupun melalui program kota tanpa kumuh (Kotaku)", kata Rizal di ruang kerjanya, Senin (12/2).

Menurut Rizal,  alasan Makassar Timur diprioritaskan, karena kelurahan itu berada di jantung kota sehingga membutuhkan penanganan sesegera mungkin.  Makassar Timur tingkat kekumuhannya lebih tinggi dibandingkan 16 kawasan kumuh lainnya. “Bukan berarti kita mengabaikan kawasan kumuh lain tapi di kawasan kumuh lainya menjadi program kotaku. Penanganan kumuh Makassar Timur lebih ekstara kalau tidak kedepan kondisinya tidak tertata dengan baik, “ paparnya.

Dijelaskan, skala kumuh yang dimasukan  16 kawasan tersbut di kelurahan Gamalama dan kawasan Mangga Dua masuk tahap kedua setelah penataan kawasan Makassar Timur. Disamping itu, dikelurahan Fitu lokasi 1 dan 2 menjadi skala prioritas berikut sehinga ada beberapa skala prioritas menjadi pola penanganan menjadi masalah kumuhan di kota Ternate.

Dalam tindakan melihat tingkat kekumuan dilapangan. Mmisalkan tingkat kekumuan sudah di atas level yang distandarisasi pemeriah sudah melebihi ambang batas baik dari dranasenya, sanitasinya sudah parah maka membutuhkan penanganan secara khusus itu di kelurahan Makassar Timur. "Diharapkan tahun ini kita sudah buat perencanaan kemudian kita ajukan ke Kementerian untuk di alokasikan APBN 2019," katanya. (aky)

By taliabu pos

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama