Header ads

Header ads
» » » MI Calon Tersangka Pencemaran Nama Baik Bupati Sula

TERNATE-Kasus dugaan pencemaran nama baik yang dilaporkan bupati Kepulauan Sula, Hendrata Thes atas tuduhan penistaan agama bakal menyeret Muhammad Ibrahim (43) warga Desa Mangon. Setelah kasus ini  ditingkatkan dari penyelidikan ke penyidikan,  tinggal menunggu penetapan tersangka.

Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Kombes (Pol) Dian Harianto  mengatakan,  kasus tersebut saat ini sudah dalam penyidikan. Pihaknya  telah memeriksa lebih dari 10  saksi. ”Penetapan tersangkanya belum, nanti pemeriksaan semua saksi. Kalau memang dalam pemeriksaan  dibutuhkan ahli hukum pidana, maka kita harus gunakan  baru penetapan tersangkanya,” kata Dian, Senin  (12/2).

Disentil terkait dengan pihak yang dilaporkan dalam kasus ini, ia mengatakan bahwa saat ini yang baru dilaporkan satu orang yakni Muhammad Ibrahim selaku pembuat surat ke DPRD terkait  penistaan agama. Namun menurutnya, kasus tersebut bisa berkembang dan menyeret pelaku lain. ”Bisa jadi, tergantung perkembangannya,” ujaranya.

Ditanya mengenai dengan apakah ada laporan balik terhadap pihak HMI Cabang Sula, menurutnya sampai saat ini tidak ada,  baru satu orang yang dilaporkan. ”Tidak melaporkan HMI, hanya melaporkan orang yang membuat surat ke DPRD sehingga kasus ini muncul,” terangnya.

Sekadar diketahui, kasus pencemaran nama baik ini bermula ketika Hendrata dituduh menistakan agama lewat surat kepada DPRD Kabupaten Kepsul yang dibuat Muhammad Ibrahim. Isi surat itu menyebutkan,  Hendrata diduga menistakan agama lewat beberapa pernyataannya. HMI Cabang Sula kemudian membuat laporan ke Polres Sula dan kemudian diambil alih Polda. Hendrata pun membuat laporan balik pemcemaran nama baik atas tudingan yang dilayangkan kepadanya.

Setelah dilakukan penyelidikan, kasus dugaan penistaan agama dihentikan karena tidak memenuhi cukup bukti. Berdasarkan keterangan  MUI, kasus ini  tidak ada unsur penistaan. Kasus pencemaran nama baik pun ditingkatkan ke penyidikan dengan terlapor Muhammad Ibrahim. Namun Polda belum menetapkan tersangkanya lantaran masih menuggu pemeriksaan lanjutan. Senjata makan tuan? (san)

By taliabu pos

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama