Header ads

Header ads
» » » KPU Tetapkan Empat Zona Kampanye


TERNATE-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku Utara (Malut) menetapkan empat zona dengan delapan putaran kampanye calon gubernur dan wakil gubernur Maluku Utara. Penetapan ini dibicarakan melalui rapat bersama dengan tim Pasangan Calon (Paslon) di kantor KPU Malut, Rabu (14/2).

Ketua KPU Provinsi Maluku Utara, Syahrani Sumadayo  mengatakan, pembagian empat zona  setiap kampanye dengan delapan putaran terdiri dari zona I putaran pertama dipusatkan di Kabupen Pulau Mortai, Halmahera Utara (Halut) dan Halmahera Timur (Haltim).

Zona II Kabupaten Halbar, Kota Ternate dan Tidore Kepulauan, zona III  Halmahera Tengah dan Halmahera Selatan (Halsel), serta zona IV Kabupaten  Kepulauan Sula dan Kabupaten Pulau Taliabu. "Dari zona yang ditentukan  akan diatur delapan putaran setiap Paslon sehingga waktu kampanye di zona tertentu tidak bertabrakan dengan Paslon lain," jelas Syahrani.

Syahrani mengungkapkan, jadwal kampanye ini masih akan dibahas dalam rapat tertutup dan terbatas untuk menetapkan. Draf zona ini akan diundian, agar delapan putaran kemudian undian Paslon yang mendapat zona mana  barulah ditentukan.

"Delapan kali kampanye berpindah-pindah, setiap zona 16 hari, jadi empat Paslon delapan kali kampanye dengan tempat yang berbeda dimulai star dari 16 Februari sampai 23 Juni 2018. Jadi tergantung masing-masing calon sesuai zona," beber Syahrani.

Selain itu, untuk surat izin cuti Kepala Daerah yang mengikuti Pencalonan mulai Rabu (14/2) sudah menerima surat cuti Abdul Gani Kasuba (AGK)  dari Menteri Dalam Negeri sedangkan  satunya surat cuti dari Gubernur untuk Walikota Ternate Burhan Abdurrahman. "Mulai pukul 00:00.Wit  Calon Petahana tidak lagi menggunakan fasilitas negara baik bergerak maupun tidak bergerak, sedangkan kepala daerah misalnya Bupati, walikota dan DPR yang menjadi juru kompanye harus memasukan surat cuti saat kampanye. Saat ini KPU belum belum menerima itu," ujarnya. (jun)

By taliabu pos

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama