Header ads

Header ads
» » » KPU Janji Jawab Keberatan Bur-Jadi di Pleno

TERNATE-KPU Maluku Utara (Malut) berjanji akan  menjawab surat keberatan  tim Hukum Burhan Abdurahman dan Ishak Jamaluddin (Bur-Jadi) pada saat rapat pleno penetapan pasangan calon di Sofifi, Senin (12/2). 

"Surat keberatan   tim Hukum Bur-Jadi yang meminta kejelasan SK B1 KWK PKPI sebenarnya kita mau jawab hari ini, hanya karena selisih satu hari dengan pleno penetapan maka kita memilih untuk sekalian pada saat pleno," kata Ketua KPU Malut Syahrani Somadayo kepada wartawan, Minggu (11/2).

Syahrani mengatakan,  rapat pleno penetapan nanti, semua pasangan calon dan partai politik akan diundang. "Kita anggap waktu ini sudah mepet maka sebaiknya surat keberatan Bur-Jadi akan dijawan satu kali, karena surat keberatan ini mengarah terhadap klarifikadi SK PKPI terkait keabsahannya," jelas Syahrani.

Syahrani mempersilah Tim Bur-Jadi menggugat atau sebaliknya, asalkan semua pihak menempuh jalur yang sebenarnya. "Kita tetap pertanggung jawab apa yang nanti kita putuskan. Yang penting kita dari KPU tidak keluar dari jalur aturan dan UU yang berlaku," ujar  Syahrani.

Sementara PDIP optimis KPU bakal meloloskan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Abdul Gani Kasuba dan Al Yasin Ali (AGK-Ya) sebagai kontestan.  "Sebagai partai pengusung kita optimis dan yakin  rapat pleno penetapan pasangan calon ini KPU bakal meloloskan AGK-Ya," kata Ketua Bappilu DPD PDIP Malut Darwis Gorontalo kepada wartawan, Minggu (11/2).

Darwis yang biasa disapa Ewis ini mengatakan optimis kelolosan AGK-Ya ini karena PDIP paham betul semua prosedur dan ketentuan sudah dilengkapi sesuai persyaratan. "Semua berkas dan syarat-syarat bakal calon sudah kita lengkapi semua, jadi pasangan yang diusung PDIP dan PKPI ini Insya Allah lolos dan menjadi pasangan yang bakal memenangkan pilgub Maluku Utara," ujanya.

Ewis meminta  pendukung AGK-Ya, baik pendukung partai, simpatisan dan relawan agar tetap bijaksana dalam menanggapi isu-isu politik. Sebagai partai penguasan, harus  menunjukan contoh yang baik kepada masyarakat. "Kita harus ciptakan demokrasi di negeri ini menjadi demokrasi yang baik, tetap aman dan damai hingga tahapan ini selesai," pintanya.

Selain PDIP, hal yang sama disampaikan  Sekretaris DPD Golkar Malut Hamid Usman. menurutnya,  pasangan AHM-Rivai  bakal lolos sebagai kontestan pada Pilkada  27 Juni mendatang. Karana, pasangan yang diusung Golka  dan PPP ini sudah melengkapi seluruh persyaratan, baik syarat calon dan syarat pencalonan. "Kita dari Golkar sangat yakin pleno penetapan pasangan calon AHM-Rivai  lolos," katanya. (jun)

By taliabu pos

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama