Header ads

Header ads
» » Kadis DS-BPMD Janji Benahi Masalah Desa

SANANA-Mantan Kadis Perikanan Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) Ali Umanahu resmi menjabat Dinas Sosial Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (DS-BPMD) menggantikan H.Jaidun. Pergantian jabatan ditandai dengan serahterima jabatan (Sertijab) antara H.Jaidun dan Ali Umanhu di kantor DS-BPMD Kepsul, Selasa (27/2).

Ali Umanahu usai sertijab mengatakan mengatakan akan mendukung program-program pimpinan memajukan desa melalui Dana Desa dan Anggaran Dana Desa. Meskipun dinas sosial dan badan pemberdayaan masyarakat desa adalah salah satu dinas yang identik dengan masalah-masalah pemerintahan desa dalam pengelolaan anggaran dana desa, namun tidak selamanya setiap masalah berhubungan dengan pemerintahan desa, tidak serta-merta langsung mengambil langkah menggantikan kepala desa. "Pergantian itu adalah alternatif terburuk kalau memang sudah tidak ada langka lain,” ujarnya.

Ali memaparkan masala-masalah yang berkaitan dengan pemerintahan desa. Yang pasti berhubungan dengan penyerapan anggaran kemudian keterlambatan pembuatan laporan oleh pemerinta desa. “Mudah-mudahan kedepan kerjasama semua pihak termasuk media selalu membuka informasi di masyarakat agar sama-sama mebenahi masalah pengelolaan dana desa dan pemerintahan desa lebih baik,” pintanya.

Dikatakan, dana desa (DD) tahun 2018 saat ini dalam tahapan pencairan. Berbeda dengan tahun 2017, pencairan hanya dua tahap, tahap pertama 60% dan tahap kedua 40%. Sementara DD tahun 2018 tiga tahap yaitu tahap pertama 20%, tahap kedua 40% dan tahap tiga 40%. "Sebenarnya pemerintah pusat sudah menetapkan DD tahap pertama 20% tahun 2018 sudah harus jalan, namun masih terkendala Perdes yang belum di susun oleh desa,” paparnya. (sdl)

By taliabu pos

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama