Header ads

Header ads
» » » Ini Pimpinan SKPD yang Diusulkan Diganti


SOFIFI-DPRD  Maluku Utara akan merekomendasikan  pimpinan SKPD strategis diroling saat Wagub HM Natsir Thaib menjadi Pelaksanaan tugas (Plt) gubernur. Pimpinan SKPD yang direkomendasikan diroling diantaranya, Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD), Inspektorat, Biro Hukum dan HAM, Bappeda, Dinas Sumber Daya Mineral (SDM), Dinas Lingkungan Hidup (DLH), serta Badan Kepegawaian Daerah (BKD).

"Nama-nama ini merupakan temuan angket bermasalah, karena dianggap tidak produktif  membantu pemerintah daerah dalam  penyerapan anggaran," ungkap ketua komisi I DPRD yang membidangi ekonomi pemerintahan Malut Wahda Zainal Imam usai rapat dengan KPK di gedung DPRD Rabu (7/2).

Menurutnya, dalam aturan, Plt Gubernur memiliki  kewenangan  menggantikan pimpinan SKPD, asalkan berkoordinasi dan meminta izin  Mendagri. Persoalan teknis regulasi minimal ada kebijakan ke arah itu, dan nantinya dikonsultasikan ke Mendagri untuk ditindaklanjuti.  Proses pergantian tidak mengganggu jalannya roda pemerintahan, karena awal tahun anggaran APBD 2018 belum ada daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) masing-masing SKPD, sehingga bisa  dilakukan pergantian pimpinan SKPD,” papar Wahsa.

Dikatakan,  apabila pergantian pimpinan SKPD  pertengahan tahun itu baru  bermasalah, karena PPK sudah jalan, KPA sudah jalan. "Sebelum anggaran jalan, sudah harus  roling pimpinan SKPD, sehingga disaat program anggaran berjalan sudah ada pimpinan SKPD baru," jelasnya.

Berdasarkan pengalaman kata Wahda, penyerapan anggaran tahun 2016-2017 tidak maksimal, DPRD telah menyarankan   mmemaksimalkan penyerapan anggaran secara baik, disaat DPRD sarankan pada gubernur  melakukan evaluasi  pimpinan SKPD yang dianggap tidak mampu melaksanakan topiksinya diganti,  gubernur AGK tidak pernah menggubris saran dewan.

"Saran kami DPRD selama ini tidak pernah ditindak lanjuti gubernur AGK, sehingga dengan  Plt gubernur M Natsir Thaib, pimpinan SKPD harus diganti dalam rangka mengoptimalkan penyerapan anggaran tahun 2018," tegasnya.

Dikatakan, DPRD menyaran   Wagub M Natsir Thaib yang akan menjadi Plt, untuk melakukan perbaikan penyerapan anggaran tahun 2018,  dilakukan evaluasi terhadap pimpinan SKPD yang strategis yang dianggap tidak produktif untuk membantu pemerintah daerah dalam rangka penyerapan anggaran tahun 2018.

"Kami DPRD berharap  Plt menjaga pemetapan penyerapan harus dilakukan mutasi atau pergantian pimpinan SKPD untuk melaksanakan penyerapan anggaran tahun 2018 yang lebih baik,"Jelasnya. Wahda  menambahkan, nama-nama yang disebutkan itu masuk rekomendasi DPRD dan akan dilakukan rapat dengan Wagub. Sebab, pergantian pimpinan SKPD selama ini DPRD menyampaikan  melalui paripurna  tidak pernah ditanggapi gubernur. "Kali ini anggaran baru pimpinan SKPD harus diganti, kalau tidak seperti ini terus, DPR mendukung dalam rangka menstabilkan keuangan daerah," tandasnya.  (fab)

By taliabu pos

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama