Header ads

Header ads
» » » Halsel Siap Berlakukan USBN Tingkat SD

LABUHA-Sekolah Daesar (SD) sederajat di Kabupaten Halmahera Selatan  menyatakan  siap  mengikuti  Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud)  Kabupaten Halsel,  Umar Iskandaralam  Rabu (7/2) mengatakan, sampai saat ini belum ada keputusan  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) terkait pemberlakukan USBN tingkat SD sederajat yang direncanakan mulai berlaku tahun ini.

"Kalau  SMP itu berlaku dari tahun lalu. Tapi SD sederajat masih jadi wacana,  tapi kalau kita ikuti perkembangan yang ada, kemungkinan besar USBN tingkat SD sudah mulai diberlakukan tahun ini," katanya.

Dikatakan, saat ini masih menunggu keputusan Kemendikbud.  Jika USBN SD belum diberlakukan tahun ini maka pelaksanaan Ujian Sekolah (US) tingkat SD masih seperti tahun-tahun sebelumnya.  Namun apabila sudah diberlakukan USBN maka tidak ada alasan sekolah Dasar di Kabupaten Halsel tidak bersedia melaksanakannya.

Ia mengaku,  sekolah di Halsel sudah siap apabila USBN diberlakukan. "Apapun konsekuensinya kita di Halsel tetap siap.  Kita pastikan sekolah di Halsel siap melaksanakan USBN," ujarnya.

Dijelaskan,   USBN  berbeda dengan US, terutama jumlah mata pelajaran yang diujikan.  Jika  US, hanya empat mata pelajaran maka  USBN  ada delapan mata pelajaran. "Memang  USBN ini rata-rata kabupaten kota di Indonesia mengeluhkan anggaran pembuatan soal. Karena ada penambahan empat mata pelajaran. Tapi yang  jelas kita tetap siap,"pungkasnya.

 Umar menjelaskan,   peserta ujian SD tahun ini  sebanyak 5.795 siswa  terdiri dari siswa laki-laki sebanyak 3.034 dan siswa perempuan sebanyak 2.761. Jumlah ini tersebar di 280 SD dan MI. Sedangkan SMP dan MTs tercatat sebanyak 4.318 siswa yang terdiri dari siswa laki-laki sebanyak 2.132 dan siswa perempuan sebanyak 2.182  yang tersebar di 112 sekolah yang ada di Kabupaten Halsel. "Harapan kita bisa berjalan dengan baik," tandasnya.  (one)

By taliabu pos

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama