Header ads

Header ads
» » » Halbar Kalah, Enam Desa Masuk Halut

TOBELO-Pemerintah kabupaten Halmahera Barat diminta tunduk pada keputusan sesuai kesepakatan awal terkait  status enam desa yang disengketakan. Dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri), desa Tuakara,  Kecamatan Loloda Selatan, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar),  masuk ke wilayah administratif Kecamatan Loloda Kepulauan Kabupaten Halmahera Utara (Halut).

Penegasan status Desa Tuakara itu, tertuang dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 137 tahun 2017  tentang kode dan data wilayah administrasi pemerintahan yang diterbitkan pada tanggal 27 Desember 2017.

Bahkan dalam Permendagri yang ditandatangani  Tjahyo Kumolo menyatakan enam desa yakni, Dum-dum, Akelamo Kao, Tetewang, Gamsungi, Bobaneigo dan Pasir putih  bagian dari Kecamatan Kao Teluk, Kabupaten Halmahera Utara. "Permendagri ini telah menjelaskan status enam desa dan Desa Tuakara masuk wilayah adminstratif Pemerintah Halut," kata Kabag Tata Pemerintahan Setda Halut, Anwar Kabalmay, Kamis (8/2).

Dia menyarankan kepada Bagian Pemerintahan Pemkab Halbar, apabila belum menerima Permendagri tersebut  dapat mendonwnlod sehingga dapat disampaikan ke atasan. "Ini penting agar semua bisa mengetahui dan tidak lagi berpolemik," ujarnya.

Menurutnya,  pihaknya masih menunggu pengumanan hasil verifikasi garis batas antara Halut dan Halbar oleh tim Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan, Kemendagri. “Kedua pemerintahan sudah sepakat menyerahkan ke pusat, yang pasti tahun ini sudah diputuskan," katanya.

Dia menyarankan Pemda Halbar apabila tidak puas dengan status enam desa milik Halut agar dapat menempuh melalui jalur hukum. “Kalau masih tidak puas buat yudicial review dan jangan bikin kacau," ucapnya.

Anwar  menambahkan  paska putusan garis batas oleh Kemendagri maka Pemkab Halut akan memekarkan satu kecamatan di wilayah perbatasan. “Sebenarnya rencana pemekaran kecamatan sudah lama, namun masih ada gangguan maka ditunda hingga selesai masalah garis batas, karena DPRD juga sudah setuju," tandasnya. (rma)

By taliabu pos

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama