Header ads

Header ads
» » » Guru Honorer akan Diangkat Jadi PNS

TERNATE-Kabar gembira bagi honorer di Kota Ternate.  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Ternate setuju rencana pengangkatan guru honor menjadi PNS. Meski demikian, tidak semua honor bakal diangkat. Mereka yang nanti angkat harus memenuhi beberapa kriteria. Diantaranya masa kerja dan usia.

Sekretaris Dikbud Kota Ternate, Hadi Hairudin menjelaskan,  mengacu pada pernyataan  Wakil Presiden, Jusuf Kalla,  guru honorer akan diangkat menjadi PNS, namun  sekarang  masih dalam tahapan rencana. Sebab itu,  pihaknya belum  mendapatkan informasi. Bahakan rencana pengakatan tersebut  akan dilakukan  tiap tahun berdasarkan kuota yang ditetapkan  sesuai  perhitungan seperti jumlah  guru yang pensiun. 

Selain itu, kuota pengangkatan guru honor disesuaikan  dengan beberapa kriteria dan keuangan. “Kita belum mendapat informasi, namun kalau ini ditetapkan maka kita siap mengawal," kata Hadi, Jumat (23/2). 

Mantan kepala SMPN 4 Ternate ini menjelaskan,  tenaga honorer yang sudah mengabdi puluhan tahun akan menjadi perhatian pemerintah. Mereka akan diberikan jatah atau kesempatan  diangkat menjadi PNS. "Kami  Dikbud  mendukung apa yang menjadi program pemerintah  terkait  pengangkatan honorer menjadi  PNS, karena ini merupakan langkah dalam memenuhi kebutuhan daerah," ujarnya. 

Hadi mengaku, Kota Ternate dan Maluku Utara umumnya masih kekurangan guru. Apalagi daerah terdepan, terluar dan terpencil. Langkah pemerintah ini dianggap tepat dalam merespon kebutuhan di daerah. Hadi berharap, kriteria yang diterapkan nanti tidak merugikan tenaga honorer dan CPNS di daerah.

"Kalau  usia saya pikir harus dipertimbangkan,  yang jelas guru-guru yang mengabdikan   puluhan tahun otomatis usianya sudah melebihi diatas 35 tahun. Ini perlu menjadi perhatian, seperti dispensasi bagi mereka yang mengabdi sudah cukup lama," ujarnya. (nod) 

By taliabu pos

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama