Header ads

Header ads
» » DPRD Taliabu Bahas 15 Ranperda Usulan Pemda


BOBONG-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pulau Taliabu, Provinsi Maluku Utara, Senin (5/2/2018) bersama dengan Organisasi  Perangkat Daerah (OPD) membahas 15 rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) usulan pemerintah daerah.

Paripurna yang dipimpin ketua Baleg, La Ode Muhuri dan dihadiri sejumlah anggota diantaranya Suryadharma, Budiman Hasan Djaria, ST, Ir. Ardin Sadmin, Muh. Taufik Toib Koten, A.Md, La Putu, S.Pi, Yacob Rette, Sandra Jeanet Muntu di  di Aula paripurna dihadiri pula unsur pemerintah daerah diantaranya Assisten II, La Hudia Usman, Kadis Pemuda dan Olahraga, Muchlis Soamole, Kabag Hukum Zulkifli Ladjuba, Kabag Tata Pemerintahan Amrul Badai, dan Dirut PDAM Surahman La Madi.

Pembahasan diawali dengan ranperda yang diajukan BPPKAD (Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah) Kabupaten Pulau Taliabu, yakni Ranperda Pajak Bahan Mineral Bukan Logam, Ranperda Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan, Ranperda Pajak hiburan, Ranperda Hotel, Ranperda Reklame, Ranperda Restoran, Ranperda Bumi, Bangunan Perdesaan dan Perkotaan dan ranperda penerangan jalan.

Delapan ranperda itu, tidak banyak diutak-atik  anggota DPRD Kabupaten Pulau Taliabu, hingga renperda ini memenuhi unsur yang dijadikan perda dan masih akan menunggu pembahasan lain. Dilanjutkan pembahasan ranperda Perusahan Daerah Air Minum. Pada pembahasan tersebut Dirut PDAM Surahman La Madi mendapat sejumlah pertanyaan dari anggota DPRD baik dari sisi kelayakan, kesehatan sampai pada tingkat modal dan langganan yang telah terpasang.

Begitu pula dengan ranperda yang diajukan Bagian Tata Pemerintahan diantaranya ranperda pedoman pembentukan dan meknisme penyusunan peraturan Desa. ranperda Organisasi dan tata Kerja Pemerintah Desa, Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa. Kemudian Dinas Perumahan, Pemukiman dan lingkungan Hidup yang mengajukan Ranperda hutan Kota, Ranperda Pengelolaan Ruang Terbuka Hijau.

Sedangkan dari dinas Penamanan Modal dan pelayanan terpadu satu pintu mengajukan tiga renperda namun baru satu yang diakomodir yakni ranperda pembentukan Perusahan Daerah. Dan OPD Dinas Parawisata, Pemuda dan Olahraga, mengajukan RIP parawisata Daerah kabupaten Pulau Taliabu Tahun 2017-2031.

Rapat penyampaian rancangan Perda yang diusulkan oleh Pemda Pulau Taliabu itu sejak tanggal 22 November 2017 ditandatangani Wakil Bupati Pulau Taliabu nomor 188.34/148.1/BUP, tentang Penyampaian Ranperda OPD yang siap untuk dibahas secara bersama DPRD.

"Rancangan ini masuk pertengahan November 2017, dan DPRD melakukan kajian terlebih dahulu dan baru hari ini kita melakukan pembahasan secara bersama sebelum disetujui menjadi Perda. Hingga itu, tidak ada perda yang ditelurkan oleh DPRD maupun Pemda diluar dari mekanisme,” kata La Muhuri. (nan)

By taliabu pos

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama