Header ads

Header ads
» » Bawaslu Telusuri Pejabat BUMD Masuk Tim Paslon

TERNATE-Bawaslu Maluku Utara akan telusuri tim Kuasa Hukum Pasangan Calon (Paslon) Burhan Abdurahman dan Ishak Jamaludin (Bur-Jadi) Sarman Saroden, Ketua Tim Relawan sekaligus Juru Kampanye Bur-Jadi Sofyan Daud dan juru bicara Paslon Abdul Gani Kasuba dan M. Al Yasin Ali (AGK-YA) Dino Umahuk.  Ketiganya diduga kuat masih aktif bahkan menduduki posisi strategis di Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Sesuai Surat Edaran nomor SE-15/MBU/2008 tertanggal 31 Juli 2008 menjelaskan, sesuai dengan ketentuan pasal 84 Undang-Undang Nomor 10 tahun 2008, pejabat BUMN dilarang ikut serta dalam kampanye pemilu dan atau menjadi pelaksana kampanye pemilu.

Ketua Bawaslu Malut Muksin Amrin mengatakan, pejabat BUMN yang menjadi pelaksana kampanye dikenai sanksi pidana dan penjara sebagaimana diatur dalam pasal 272 Undang-undang Nomor 10 tahun 2008. "Menetri BUMN juga menyatakan BUMN dilarang memberikan sumbangan dan bantuan dalam apa pun termasuk penggunaan sarana dan prasarana yang dimiliki oleh BUMN untuk kegiatan pemilu," jelas Muksin, Selasa (27/2).

Sesuai informasi, Sarman Saroden adalah Direktur PT Alga, Sofyan Daud pengawas Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Ternate dan Dino Umahuk Direktur Perusahan Daerah (Perusda) Kieraha.

Muksin mengatakan, pihaknya telah mengintruksikan Panwaslu Kota Ternate untuk mencari tahu kebenaran jabatan yang disandang tiga orang tersebut di BUMD. "Kita sudah instruksikan Panwaslu memastikan jabatan mereka. Karena informasi Dino sudah mengundurkan diri, sementara dua lainnya belum. Karena itu kita akan mencari tahu SK jabatan mereka," pintanya.

Muksin mengaku, pihaknya tidak memanggil secara lansung yang bersangkutan karena dikhawatirkan akan mengelak. "Kalau kita sudah punya bukti berupa SK maka tidak bisa mereka mengelak. Karena itu baiknya dicari tahu lebih dahulu daripada dipanggil secara lansung," katanya.

Sementara Ketua Panwaslu Kota Ternate Rusly Saraha mengatakan, pihaknya akan mencari tahu apakah jabatan mereka di perusahan BUMD itu masih aktif atau tidak. "Kita belum pastikan. Karena itu kita akan mencari tahu kedudukan mereka di perusahaan," janjinya. (jun)

By taliabu pos

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama