Header ads

Header ads
» » Banyak Pelaku Usaha di Taliabu Tak Miliki Izin

BOBONG-Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu (DPMPSP) Kabupaten Pulau Taliabu melakukan pembenahan terhadap pelayanan perizinan berkualitas. Kendati belum menggunakan system aplikasi seperti daerah lain.  Meski demikian, pemahaman pengusaha-pengusaha mengurus izin dinilai masih lemah secara kasat mata.

Padahal sewaktu-waktu DPMPSP melakukan penertiban terhadap bangunan terutama kios-kios dan rumah makan apabila perda pajak akan diberlakukan. "Sejauh ini diinformasikan melakukan pengurusan SIUP dan SITU secara gratis. Tapi masih banyak yang belum mengurusnya," kata Kabid Perijinan Ilham Dg Maittile.

Menurut Ilham, syarat mengurus izin hanya membawa surat keterangan Camat dan kepala Desa, melampirkan KTP dan Pasfoto. Administrasi lainnya diisi di kantor DPMPSP. Hal ini mengingat selain penertiban pemerintah daerah, juga akan ada penilaian Kompetensi Kelembagaan yang dilakukan oleh Ombudsman Republik Indonesia (ORI).  “Untuk mencapai target dan mengetahui prosepek perekonomian secara merata, maka pelaku ekonomi sadar mengurus SITU dan SlUP," pinta Ilham.

Disinggung Kades yang mengurus SITU dan SIUP untuk Bumdes, Ilham mengaku sejauh ini belum satupun Bumdes yang mengurus izin. Padahal SITU dan SIUP Bumdes sangat penting. Setiap bantuan akan dipertanyakan SITU dan SIUP. "Sejauh ini belum ada Bumdes yang mengurus SITU dan SIUP, kami hanya menjalankan sistem dan SOP. Target kami perizinan satu pintu di Pulau Taliabu selalu terdepan," kata Ilham. (nan)

By taliabu pos

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama