Header ads

Header ads
» » Babinsa Koramil Ternate Jadi Instruktur FMD Naker

TERNATE-Untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas para pencari kerja lulusan SMA/SMK diwilayah Kota Ternate, Balai Latihan Kerja (BLK)  Ternate menggelar pelatihan FMD (Fisik Mental Disiplin) dengan menggandeng unsur TNI yang terkenal akan kedisiplinannya sebagai Instruktur/Pelatih, Rabu (7/2).

Pembinaan FMD  adalah sebuah aktifitas pelatihan yang diberikan kepada peserta yang sedang melaksanakan kursus, pendidikan, penataran, MOS maupun pelatihan-pelatihan lain. Aktifitas FMD yang dilakukan tanggal 5-6 Februari 2018 di BLK yang terletak di Ubo-ubo  Ternate Selatan Ternate,   Maluku Utara itu  diikuti 135 orang siswa SMA/SMK sesuai jurusan masing-masing.

Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai salah satu upaya meningkatkan Sumber Daya Manusia di daerah serta regenerasi calon pekerja atau pegawai dengan sasaran untuk menumbuhkan fisik dan mental yang tangguh serta memegang teguh kedisiplinan.

Sebagai Instruktur/Pelatih dalam kegiatan FMD tersebut Peltu Sukimin Raila personel TNI dari Koramil 1501-01/Kota Ternate  selaku Dan Pos Ternate Selatan merangkap Babinsa kelurahan Mangga Dua. Materi yang diberikan yaitu (PBB dan PPM) sedangkan materi kejuruan diberikan instansi terkait.

Menurut Kepala BLK  Ternate Marjono Istianto, P,ST,  M.M,  tujuan kegiatan ini  untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan para peserta pelatihan, juga membekali keterampilan  pencari kerja agar mampu bersaing dan berkompetensi dengan tenaga kerja daerah lain.

Materi dan metoda pelatihan terdiri dari 2 kelompok, pertama kelompok dengan materi fisik, mental dan disiplin (FMD), kedua materi sesuai jurusan masing-masing. Ada sembilan jurusan yang diterima yakni jurusan sepeda motor, mesin mobil, sekretaris, menjahit, bordir, tata boga, operator komputer, elektronika dan mesin produksi.

 Dandim 1501/Ternate Letkol Inf Abd. Razak Rangkuti, S.Sos dalam keterangan persnya mengatakan,  untuk menunjang kegiatan Pembinaan Karakter Building disuatu instansi atau lembaga pendidikan perlu dilatihkan FMD (Fisik Mental Disiplin), diharapkan dengan beragam materi latihan itu, kondisi fisik dan mental peserta akan semakin meningkat kedisiplinan, kekompakan, hingga kemampuan kepemimpinan, sedangkan latihan PBB itu sendiri adalah sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan disiplin perorangan ataupun dalam hubungan kelompok. (JK-1501)

By taliabu pos

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama