Header ads

Header ads
» » Antisipasi Pelanggaran, Gakumdu Gelar Sosialisasi

SANANA-Panwaslu, Kejaksaan dan Kepolisian Polres Kabupaten Kepulauan Sula yang tergabung dalam Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu), mulai menggelar sosialisasi pengawasan dan tugas centra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu). Sosialisasi pengawasan dan tugas Gakkumdu berlangsung di aula Kantor Desa Falabisahaya Kecamatan Mangoli Utara Kabupaten Kepsul dihadiri stakholder.

Komisioner Panwaslu Kepsul Hamzah Umasugi dalam paparannya menyebutkan, pemilu ialah proses memilih untuk mengisi jabatan-jabatan politik tertentu. Jabatan tersebut beraneka ragam mulai presiden, wakil rakyat dibeberapa tingkat pemerintahan, sampai Kepala Desa.

Dalam Undang-undang nomor 10 tahun 2016 perubahan kedua atas undang-undang nomor 8 tahun 2015 tentang pemilihan gebernur, bupati dan walikota merupakan edukasi bagi pemilih agar melahirkan kepemimpinan yang bersih, jujur, adil dan berakhlakul karima.

Dijelaskan, perundang-undang yang berlaku dalam pelanggaran maupun dugaaan pelanggaran tindak pidana pemilu, maka penegakan hukum tindak pidana pemilu harus cepat dan tepat terkait dengan waktu karena syarat materil dan formil harus jelas terpenuhi. Hadir pada kesempatan itu, camat Mangoli Utara Kamaluddin Umamit, Danramil 1509-02/Dofa Kapt Inf. Awat Manjeng, Kapolsek Mangoli Barat Iptu Safaruddin Bella, para Kades se Kecamatan Mangoli Utara serta PPL se Kecamatan Mangoli Utara. (sdl)

By taliabu pos

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama