Header ads

Header ads
» » » Tak Pengaruh AHM Didepak dari Partai Golkar

TERNATE-Jabatan Ahmad Hidayat Mus (AHM) sebagai Koordinator Wilayah II DPP Partai Golkar, memang memiliki pengaruh besar. Namun setelah didepak dari pengurus DPP Golkar pimpinan Airlangga, pengaruh AHM makin berkurang. Meski demikian tidak terlalu besar.

 
Ahmad Hidayat Mus
Hal ini disampaikan staf pengajar Ilmu Komunikasi Univeristas Muhamaddiyah Maluku Utara (UMMU Ternate) Helmi Alhadar. Menurut Helmi mengakui memang ada pengaruhnya pada pemilihan gubernur Maluku Utara,  ketika AHM didepak dari DPP Golkar.  "Saya kira ada pengaruh  jabatan AHM yang di DPP Golkar, tapi itu  sangat kecil," kata Helmi, Selasa (23/1).

Bagaimana pun kata Helmi,   tidak memiliki kekuasaan atau jabatan dalam satu wilayah sangat pengaruh. Kehilangana jabatan itu otomatis ounya pengaruh di Maluku Utara, walaupun  kecil. "Pengaruh AHM yang lebih besar itu ada di partai, kalau   tidak punya jabatan lagi ya pasti pengaruhnya berkurang," ujarnya.

Kandidat Doktor ilmu komunikasi Universitas Padjajaran Bandung menunjukan bahwa posisi AHM di Golkar tidak banyak berperan, kususnya di Indonesia Timur.  "Kalau ada tokoh Golkar di Malut yang  kuat seperti AHM, maka sudah jelas sangat pengaruh  terhadap pilgub, namun karena tidak ada segingga pengaruh pilgub sendiri tidak telalu besar," ujarnya.

Helmi melihat, Syamsir Andili dan Saiful Bahri Ruray adalah orang-orang yang bisa menandingi  AHM, namun  mereka  sudah legowo  ikut mendukung AHM pada Pilgub Maluku Utara. “Kalau dua tokoh ini masih bersaing dengan AHM, maka didepaknya  AHM dari Golkar  pengaruhnya  sangat besar di Malut," tandasnya.

Sementara AHM, bakal Calon Gubernur Maluku Utara ini, angkat bicara soal ketidakadaan dirinya dalam struktur kepengurusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Golkar yang baru. AHM menjelaskan bahwa, terkait posisinya dalam kepengurusan DPP partai Golkar bukan tidak diakomodir, melainkan itu adalah persetujuan dirinya dan Ketum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto.

Sebagaimana disampaikan juru bicara Golkar Malut,  Syawaludin Damopoli, sikap AHM ini disampaikan dalam rapat tim Pusat Pilkada dan proses penerbitan rekomendasi pasangan Calon di Kantor DPP Partai Golkar beberapa waktu lalu. "Dalam rapat tersebut, AHM meminta kepada Ketua DPP agar dirinya fokus dan konsentrasi pada pemilihan Gubernur Provinsi Maluku Utara," ungkapnya.

Saat menyampaikan sikap politik, AHM saat itu masih menjabat sebagai ketua koordinator bidang Indonesia II Partai Golkar yang membawahi 18 Provinsi dan 243 Kabupaten/Kota. "Wilayah politik saya sangat luas dan berat, sehinggga bisa mengganggu terhadap pencalonan saya sebagai Gubernur," ujar AHM dalam rapat.DPP Partai Golkar sangat mengapresiasi tugas dan tanggung jawab AHM. Sebab  pada Pilkada 2017 lalu, target pemenangan Nasional sebesar 60%, khususnya di wilayah Indonesia II dibawah besutan AHM bisa mencapai target. "Ini merupakan prestasi AHM ketika mengemban amanah sebagai ketua Korbid PP Indonesia II," papar  Ketua DPP Partai Golkar dalam rapat tersebut. (jun)

By taliabu pos

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama