Header ads

Header ads
» » Pokja Pengawasan Pemutakhiran Data Pilgub Dibentuk

MABA-Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) membentuk Pokja Pengawasan Pemutakhiran data Pemilihan Umum (Pemilu) Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara tahun 2018. Pokja dibentuk  diruang rapat Sekretariat Kantor Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Halmahera Timur, Selasa (23/01).

 
Ilustrasi
Ketua Panwaslu Haltim Suratman Kadir mengatakan, pembentukan pokja ini dalam rangka mensinkronkan data  Pemilu KPU dan Dukcapil, sehingga problem terkait data pemilih ditangangani. "Kalau sudah dibentuk, maka kami Panwaslu bisa sinkronkan data antara Panwaslu, KPU dan Dukcapil," katanya.

Menurutnya,  masalah data pemilih  yang sudah meninggal  kemudian masih  tercover dalam DPT seperti pemilu sebelumnya. “Masalah seperti ini yang akan kita tangani dan selesaikan," janjinya.

Selain itu pemilih potensial yang belum melakukan perekaman E-KTP,  rencananya tahapan pencoklikan selesai Pokja akan menyampaikan kepada Dukcapil untuk segera dibuat perekaman E-KTP sehingga hak warga Negara dapat tersalurkan. "Kita akan pastikan pasca  coklik, pemilih potensial akan direkam E-KTPnya,"  ujarnya.

Sementara dalam struktur  Pokja Pengawasan Pemutakhiran Data Pemilih, Panwaslu bakal menyurat ke KPU dan Dukcapil untuk mengirimkan nama yang akan dicantumkan dalam struktur. "Ketua itu dari Kordiv Pengawasan dan sekretarisnya Kasek Panwaslu Haltim. Selebihnya dari KPU dan Dukcapil,"  jelas Suratman.

Hadir pada acara tersebut, Ketua Panwaslu Haltim Suratman Kadir, Kordiv Hukum dan Penindakan Basri Suaib,  Kordiv Pengawasan Lutfi Rabbo Ali, Komisioner KPU Haltim Mamat Jalil dan Kadis Pencatatan Sipil dan Kependudukan Haltim Irawan Mabub. (can)

By taliabu pos

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama