Header ads

Header ads
» » BKKBN Siapkan Rp1,8 Triliun untuk Kampung KB

TERNATE-Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat menyiapkan dana sebesar Rp1,8 triliun dari total Rp2,3 triliun untuk mendukung program Kampung KB.

 
BKKBN Siapkan Rp1,8 Triliun untuk Kampung KB
"Dasar kegiatan itu adalah program Nawacita dari Presiden Jokowi guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat dari pinggiran melalui kampung KB, dimana 7.500 kampung KB di 540 kabupaten dan kota telah terbentuk," kata Sekretaris Utama BKKBN Pusat, Nofrijal di Ternate, Rabu (24/1/2018). BKKBN menyiapkan anggaran sebesar Rp2,3 tiriun untuk mendukung program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

Provinsi Maluku Utara masuk kategori dalam daerah keterbatasan dan kepulauan mendapatkan dana Rp100 juta per tahun khusus untuk kepulauan, untuk perkotaan Rp85 juta. Nofrijal mengatakan, UU nomor 23 mengamanatkan PLKB itu sebatas administrasi kepegawaian dan pengkajian, sedangkan operasional dan pengawasan masih mendapatkan rekomendasi dari pemda setempat.

Seluruh SKPD KB di kabupaten/kota diminta tidak menerjemahkan pengalihan status seluruhnya ke pusat, karena kabupaten/kota punya delapan kewenangan, pusat 10 kewenangan, sementara provinsi enam kewenangan.

"Jadi ada kemitraan antara Pusat dan Daerah. Kami akan luruskan ke Pemda kalau BKKBN hanya menyediakan gaji dan kepangkatan, angka kredit, tetapi urusan lain mulai dari kenaikan pangkat hingga rekomendasi kewenangannya berada di daerah," ujarnya.

Ia menegaskan, pembagian kewenangan dan kemitraan itu akan disampaikannya dalam kegiatan Sosialisasi dan Konsultasi Pelaksanaan DAK BKKBN 2018 regional Indonesia timur, yang dipusatkan di Kota Ternate dan melibatkan 176 OPD KB kabupaten/kota di 12 provinsi. (rls)

By taliabu pos

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama