Header ads

Header ads
» » Taliabu Tak dapat Jatah Penerimaan CPNS 2018

JAKARTA-Punya cita-cita menjadi pegawai negeri sipil tapi tak lolos  seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2017 baru-baru ini? Jangan khawatir! Pemerintah kembali  membuka lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2018. Formasi CPNS 2018 khusus untuk kabupaten/kota.

Dari Maluku Utara  hanya tujuh kabupaten/kota, termasuk provinsi yang mendapatkan jatah farmasi penerimaan CPNS 2018 sesuai usulan masuk dan ditetapkan yakni Kabupaten Halmahera Barat sebanyak 235 kursi, Halmahera Tengah 64 kursi, Kepulauan Sula 226, Halmahera Selatan 224, Halmahera Timur 85 kursi, Kota Ternate 98 kursi dan Kota Tidore Kepulauan sebanyak 108 kursi. Sedangkan Provinsi Maluku Utara hanya 56 kursi.

Sementara tiga kabupaten yang tidak mendapatkan jatah penerimaan CPNS yakni Halmahera Utara, Pulau Morotai dan Pulau Taliabu yang tidak mendapatkan jatah farmasi CPNS 2018 berdasarkan penetaan usulan seluruh daerah di tanah air yang masuk ke Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tentang penetapan e-farmasi tenaga honorer, pegawai tidak tetap, pegawai tetap non PNS, dan tenaga kontrak pengangkatan tahun 2016-2019.

Surat penetapan penerimaan CPNS itu ditandatangani Menteri PAN-RB Asman Abnur pada 1  November 2017. Kabar gembira ini disampaikan langsung Menteri PAN-RB Asman Abnur. “Tahun depan kita buka, tahun 2018, untuk daerah, per kabupaten/kota dan provinsi," kata Asman dikutip dari laman resmi kemenpora.go.id, Senin (27/11).

Menurutnya, penerimaan CPNS akan disesuaikan dengan usulan bupati dan gubernur sesuai dengan kompetensi bidang apa saja yang ingin dikembangkan di daerah. "Jangan bidang pertanian misalnya yang ingin kita kembangkan, tetapi tidak punya pegawai di bidang pertanian," ujarnya.

Asman berharap Pemda dan Badan Kepegawaian Daerah benar-benar mengkaji kebutuhan pegawainya dengan baik sebelum mengusulkan formasi yang dibutuhkan. Sementara terkait jumlah CPNS yang akan diterima katanya  sedang memperhitungkan jumlah penerimaan yang sesuai dengan kemampuan keuangan negara.

"Termasuk salah satu syarat, pemerintah daerah belanja pegawainya tidak boleh lebih dari 50 persen," katanya. Tahapan seleksi CPNS 2018 akan dimulai setelah tahapan penerimaan CPNS gelombang II tahun 2017 selesai dilaksanakan. Namun, Asman sendiri berharap  perekrutan CPNS daerah  dilakukan secepatnya. Selain itu, Menteri Asman belum memastikan apakah tahapan CPNS 2018 khusus daerah ini digelar serentak atau terpisah. (rol)

By taliabu pos

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama