Header ads

Header ads
» » » Kasdim Minta Pemuda Harus Jadi Motor Penggerak

Kasdim  Mayor Inf Anton Santoni saat menghadiri sekaligus memberikan materi dialog Hari Pahlawan di Unkhair
TERNATE-Kasdim Kodim 1501/Ternate, Mayor Inf Anton Santoni meminta supaya pemuda dan mahasiswa Maluku Utara tampil menjadi motor penggerak kemajuan melalui inovasi serta karya yang positif dalam memberikan sumbangsi pada negera.

Selain itu, pemuda dan mahasiswa Maluku Utara diharapkan menjadi pelopor perubahan dengan ide-ide brilian, berbekal kecerdasan dan inteligensia dari hasil menuntut ilmu.  Hal itu disampaikan Kasdim Kasdim Mayor Inf Anton Santoni saat menjadi pembicara tentang peranan pemuda dalam mengisi kemerdekaan dalam Dialog Refleksi Hari Pahlawan tahun 2017 yang digelar Civitas Akademika Universitas Khairun Ternate, Kamis (16/11).

Kegiatan dengan mengusung tema "Peran Pemuda dan Mahasiswa Maluku Utara dalam meneruskan Perjuangan Para Pahlawan itu dihadiri  pemateri baik dari kalangan akademisi, sejarahwan dan Dandim 1501/Ternate yang diwakili oleh Kasdim Mayor Inf Anton Santoni.

Kasdim memaparkan,  peranan pemuda dalam mengisi dan melanjutkan kemerdekaan,  sudah familiar dengan quote dari Sang Proklamator Soekarno.  “Soekarno  mengatakan berikan aku 1.000 orang tua niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya, namun berikan aku 10 Pemuda niscaya akan ku goncangkan dunia,” ujar Kasdim mengutip Bung Karno.

Ungkapan ini menurutnya,  memberikan  gambaran  pentingnya pemuda sebagai motor pergerakan bangsa, mengenal Budi Utomo yang menjadi tonggak persatuan Bangsa yang dimotori oleh pemuda sehingga mengantarkan Bangsa Indonesia kedalam pintu gerbang kemerdekaan Bangsa Indonesia.

Bercermin dari hal tersebut lanjut Kasdim,  seharusnya Pemuda dan Mahasiswa Maluku Utara  tampil menjadi penggerak kemajuan daerah melalui inovasi-inovasi serta karya yang positif yang memberikan sumbangsih pada Negeri sekaligus menjadi pelopor  perubahan dengan ide-ide brilian berbekal kecerdasan dan inteligensia dari hasil menuntut ilmu. Kasdim pada  kesempatan itu   mengingatkan tentang bahaya proxy war yang saat ini sudah sangat dirasakan dampaknya bagi bangsa ini.

Terpisah  Dandim 1501/Ternate Letkol Inf Abdul Razak Rangkuti, S.Sos yang dihubungi melalui telepon mengatakan,  mendelegasikan  Kasdim untuk mengisi materi tentang pemuda dan kepahlawanan kepada Mahasiswa guna menanamkan motivasi dan semangat  generasi muda.

“Karena mereka ini calon-calon penerus  pemimpin dimasa depan,  karenanya kita perlu persiapkan dengan sebaik-baiknya sehingga menjadi generasi yang handal dan siap bersaing di era globalisasi seperti saat ini,” tandas Dandim. (tpo)

By taliabu pos

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama