Header ads

Header ads
» » Wisuda Poltekkes Ternate, Security Usir wartawan

TERNATE-Wisuda Poltekes Kemenkes Ternate tahun 2017 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Wisuda yang dihadiri gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba, malah wartawan tak diizinkan masuk. Tak itu, para wartawan diusir keluar oleh Satpam. Begitu pula, banyak orang mahasiswa yang diundang dan dating dari jauh-jauh pun tak diizinkan masuk, sehingga duduk-duduk di halaman kampus.

Pihak keamanan satpam/securty kampus tidak menjelaskan alas an tidak diizinkan wartawan masuk meliput. Bahkan orang tua mahasiswa mengeluhkan sikap kampus yang terkesan tertutup. “Saya datang terlambat, tak diizinkan masuk. Padahal saya membawa undangan untuk mendampingi anak saya yang wisuda, terpaksa duduk di luar,” sesal salah satu orang tua mahasiswa.

Sikap kampus ini dcurigai sengaja tak mengizinkan wartawan masuk kemungkinan ada hal-hal yang tidak beres. Menurut para wartawan, mereka dating ke acara wisuda karena mengikuti kunjungan gubernur, tapi malah dihalang-halangi oleh Satpam. “Satpam kan ikut aturan pimpinan kampus, kita tidak salahkan keamanan, tapi pimpinan kampus yang sengaja tak mengizinkan wartawan masuk,” sesal beberapa wartawan.

Menurut mereka,  dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan tidak boleh dihalang-halangi sebagaimana  diatur dalam Undang-undang nomor 40 tahun 1999 tentang pers. Dalam pejelasanya pasal 4 ayat 3 menyebutkan, untuk menjamin kemerdekaan pers, pers nasional berhak mencari, memperoleh dan menyebarluaskan gagasan dan informasi.

Bab VIII pasal 18 ayat 1 setiap orang yang secara melawan hukum dengan sengaja melakukan tindakan yang berakibat menghambat atau menghalangi pelaksanaan ketentuan pasal 4 ayat 2 dan 3 dapat dipidana dengan pidana penjara palig lama 2 tahun atau denda maksimal 500 juta.

"Presiden Jokowi datang di Maluku Utara, wartawan disini diizinkan meliput,  kelas Poltekkes saja kok menghalang-halangi  wartawan. Memang  Direktur Poltekkes Kartini M. Ali itu, alergi dengan wartawan karena  terindikasi  masalah dugaan korupsi pungutan liat,” sambung wartawan lain. (srd)

By taliabu pos

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama