Header ads

Header ads
» » » Korem Babullah Amankan 11 Pucuk Senpi

Senpi yang diamankan
TERNATE-Jajaran Korem 152 Babullah Ternate, berhasil mengamankan 11 unit senjata organik dan rakitan. Senpi tersebut diseharkan masyarakat Halmahera Barat dan Halmahera Timur secara sukarela.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, ke-11 Senpi tersebut masing-masing diamankan Kodim 1501/Ternate sebanyak 7 pucuk senpi organik dan rakitan hasil penyerahan dari masyarakat Halmahera Barat, serta jajaran Kodim 1505/Tidore 4 pucuk senpi organik dan rakitan yang diperoleh dari hasil penyerahan secara sukarela oleh masyarakat Halmahera Timur.

Komandan Kodim 1501/Ternate Letkol Inf Abd. Razak Rangkuti mengatakan, perolehan tersebut diawali dari informasi intelijen dari warga tentang keberadaan senjata api illegal, sehingga dua anggota yakni Serma Hendri Nardi Wibowo dan Serka Munawar melaksanakan penggalangan  tokoh masyarakat setempat sehingga ke-7 senjata api tersebut  diserahkan secara sukarela.

“Masyarakat secara sukarela  menyerahkan senjata yang dikuasai dengan rincian 1 pucuk senjata api organik jenis Heavy Gun (SMB) pabrikan Jepang Serial Number 1874.8618.8 masih aktif, 4 pucuk senjata api rakitan laras panjang, 2 Pucuk senjata api rakitan beserta 12 butir amunisi kaliber 12,7 mm, kal. 5.56 mm dan kal. 9 mm,” jelas Razak, Rabu (2/8).

Menurutnya, perolehan senjata tersebut merupakan bentuk kesadaran masyarakat atas situasi yang kondusif sehingga mereka dengan sukarela menyerahkan senjata. “Senpi tersebut kini telah diamankan di Makodim 1501/Ternate selanjutnya dititipkan ke Gudang Detasemen Peralatan,” terangnya.

Sementara  Dandim 1505/Tidore Letkol Inf Harrisal Ismail Subing menyampaikan bahwa perolehan senjata ini merupakan bentuk kepercayaan masyarakat sekaligus  prestasi  anggota yang bersangkutan. Senjata api yang diamankan terdiri dari 1 pucuk Kas Heavy Gun serta 4 pucuk senjata rakitan laras panjang diserahkan oleh masyarakat Kecamatan Maba Halmahera Timur kepada anggota Koramil 1505-04/Maba Praka Rio Karim saat melakukan pembinaan territorial.

“Saya sudah laporkan perolehan ini kepada Komandan Korem kemudian atensi dari Danrem agar Prajurit tersebut diberikan penghargaan bersama dengan Prajurit dari Kodim Ternate yang telah berhasil mengamankan senjata dihari yang sama,” terangnya. Senjata hasil penggalangan anggota kemudian diamankan di Koramil Maba selanjutnya akan dibawa ke Makodim 1505/Tidore. (san)

By taliabu pos

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama