Header ads

Header ads
» » Dishub Malut Pastikan Bandara Pulau Taliabu Dibangun 2018

Burhan Mansur
SOFIFI-Maluku Utara tergolong  provinsi kepulauan, maka untuk meningkatkan akases pelayanan masyarakat di bidang transportasi, pemerintah pusat bakal membangun tiga bandara baru di Maluku Utara tahun 2018 nanti.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Maluku Utara Burhan Mansur mengungkapkan, 2018 mendatang tiga bandara baru di walayah Malut bakal dibangun oleh pemerintah pusat. Ketiga bandara tersebut tersebar di tiga kabupaten berbeda yakni Bandara Bobong Taliabu, Bandara Obi kabupaten Halmahera Selatan serta Bandara Weda Kabupaten Halmahera Tengah. “Awal tahun 2018 mendatang, tiga kabupaten ini siap dibangun bandara baru,” ungkap Burhan, Rabu (2/8).

Dikatakan, pembangunan tiga bandara tersebut mengunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018 senilai Rp600 miliar dengan masa pembangunan  bertahap. "Bandara Taliabu dibangan secara bertahap dengan anggaran APBN Rp300 mliliar. Kemudian bandara Weda dan Obi, tahap pertama dibangun masing-masing dianggarankan Rp150 miliar untuk pembangunan tahap awal tahun 2018 mendatang.

Burhan mengaku, Bandara Taliabu telah dipresentasikan ke Kementerian dan master plan sudah dipersiapkan Pemprov. "Untuk lokasi penetapan bandara pada tiga kabupaten, telah ditandatangani  gubernur dan tinggal menunggu APBN dari Kementerian Perhubungan," jelasnya.

Secara keseluruhan tiga lokasi bandara tersebut, telah memiliki Analisi Dampak Lingkungan (Andal) sehingga layak untuk dibangun bandara baru. Dengan demikian maka kedepan pelayanan transportasi bakal lebih baik. “InsaAllah awal tahun 2018 mendatang, tiga bandara siap dibangun secara bertahap," tandasnya. (fab)

By taliabu pos

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama