Header ads

Header ads
» » PKB Tak Dukung Figur Bermasalah Hukum

Jasri Usman
TERNATE-PKB Provinsi Maluku Utara menegaskan, tidak akan mengambil resiko dengan mendukung figur yang bermasalah hukum atau pernah berurusan dengan hukum. Apalagi pernah dijatuhi hukuman oleh pengadilan dalam kasus korupsi.

Ketua DPW PKB Malut, Jasri Usman mengatakan, meskipun terpidana hukuman percobaan menjadi calon Kepala Daerah telah diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 9 Tahun 2016 membolehkan calon kepala daerah berstatus terpidana hukuman percobaan, namun sebagian kalangan menganggap bahwa kebijakan tersebut mencedrai esensi dan semangat pilkada. “Kebijakan membolehkan terpidana hukuman percobaan menjadi calon kepala daerah merupakan bentuk pengkhianatan terhadap demokrasi,” kata Jasri kepada wartawan, Selasa (9/5).

Jasri menegaskan, dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur Maluku Utara, PKB tidak akan mencalonkan figur bermasalah hukum. “PKB tidak mau mengambil resiko dengan mencalonkan figur bermasalah dengan hukum. PKB tetap menghormati asas hukum yang berlaku, dimana status seseorang setelah ada putusan hukum tetap oleh pengadilan atau inkra,” ujarnya.

Dalam pandangan PKB, apabila sudah ada putusan hukum yang jelas dari pengadilan, maka orang tersebut sudah masuk dalama kategori bermasalah. “Sekali lagi saya tegaskan, PKB tidak mau ambil resiko. Sebagai partai harus memilih dan mendukung orang-orang yang memang benar-benar bersih hukum, apalagi kalau masalah korupsi. Itu sangat tidak mungkin PKB mendukungnya,” ujarnya.

Jasri mengatakan, masih ada figur di Malut yang memiliki kemampuan membangun Malut kedepan. “Masih banyak figur-figur terbaik Malut, tidak mungkin partai mendukung orang yang bermasalah. Partai juga punya misi membangun, kalau memang partai mendukung figure yang bermasalah, kita akan merusak citra partai,” tandasnya. (jun)

By taliabu pos

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama