Header ads

Header ads
» » Pemda Taliabu MoU PT. Energi Samora Surya Bangun Mercusuar

Pemamdatanganan MoU antara Pemda Taliabu dan PT. Energi Samora Surya Bangun Mercusuar
BOBONG-Pemda kabupaten Pulau Taliabu menandatangani Momerandum of Understanding (MoU) dengan PT. Energi Samora Surya sebagai investor untuk pembangun proyek mercusuar. Proyek yang baru pertama kali dibangun diwilayah Indonesia Timur ini, rencana akan dimulai pada tahun 2018.

Mewaki pihak investor  PT Energi Samora Surya, Yudi kepada wartawan  mengatakan, investasi Solar Cel ini akan melayanai seluruh masyarakat  Pulau Taliabu,  masih dibutuhkan tahapan-tahapan, termasuk survey, penilitian dan pertimbangan-pertimbangan lain. Namun ia memastikan  proyek tersebut akan dilaksanakan secapatnya pada tahun 2018.

“Mudahan-mudahan kita  bisa cepat,  besarnya daya sangat bergantung pada kebutuhan, berapa pun kami  menyanggupinya. Semakin besar daya yang dibutuhkan, semakin murah,” katanya.

Yudi mencontohkan,  investasi solar cel yang rencana dibangun di Pulau Taliabu  tak berbeda dengan yang telah dilakukan  di Lombok, Sumatera  dengan kapasitas  135 mega. “Semakin besar kapasitas  semakin murah listriknya seperti  di Lombok,” ujarnya.

Sementara  Bupati Pulau Taliabu, Aliong Mus berharap penandatanganan MOU yang dilakukan di Kantor Bupati  itu tidak  sekedar  seremonial belaka, melainkan menjadi satu point bagi Pemkab Taliabu, selain dapat memenuhi kebutuhan listrik masyarakat,  juga  menjadi daerah penghasil energi yang bisa dijual ke daerah retangga

“Sebagai pemerintah daerah akan menyiapkan lahan berapapun diperlukan. Kami  berharap bukan hanya solar cel yang diinfestasikan di Taliabu tapi juga investasi lainnya. Harapan kami, dengan adanya Solar Cel yang lebih, kita bisa menjual ke kabupaten lain, sehingga menjadi sumber penghasilan Pulau Taliabu,” pintanya. 

Investasi Solar Cel ini lanjunya, PT Energi Samora Surya bekerjasama dengan pemda Taliabu, sehingga  listrik  milik pemerintah daerah itu  dapat menjual kepada PLN selanjutnya  PLN menjual kepada pelanggan. “Ini kontraknya sampai 25 tahun, setelah tahun  ke-25 PT Energy Samora menyerahkan aset kepada pemda Taliabu secara cuma-cuma,” tandas Yudi.  Ditambahkan, proyek ini  ditargetkan akan dimulai April 2018 sekembalinya investor dari Amerika Serikat. (nan)
 

By taliabu pos

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama