Header ads

Header ads
» » Meski Aniaya Siswa, Oknum Perwira Diduga Lindungi Kapolres Halsel

Ilustrasi
LABUHA-Kapolres Halmahera Selatan, AKBP Zainuddin Agus Binarto diduga melindungi anggotanya yakni salah satu perwira yang diduga melakukan  penganiayaan terhadap dua siswa SMK Misbahual Aulad Labuha yakni Fandi Hamid (16) dan Rangga (14)  beberapa waktu lalu.

Dugaan itu dikuatkan dengan dihentikannya kasus pidana penganiayaan kedua siswa itu dengan alasan orang tua korban telah mencabut laporan dan telah disepakati dilakukan penyelesaian secara kekeluargaan.

Selain dihentikan kasus pidana penganiyaan yang diduga melibatkan kasat Lantas Polres Halsel,  ternyata proses etik atau disiplinnya juga tidak jelas. Padahal sebelumnya Kapolres berjanji,  tetap memberikan sanksi disiplin meski kasus pidana yang melibatkan anggotanya  telah dihentikan dengan asalan laporan pengaduan  dicabut pihak korban. 

Dikonfirmasi baru-baru ini, perwira dua melati itu mengaku, kasus tersebut telah diselesaikan secara kekeluargaan karena sudah ada kesepakatan antara  pelaku dengan keluarga korban. Namun demikian, untuk penegakan kode etik dan disiplin tetap dijalankan dan sudah ada sanksi disiplin yang dikenakan kepada para anggotanya tersebut.

"Sudah ada kesepakatan mereka tidak mau proses lanjut, malah untuk disiplin pun kedua orang tuanya minta saya jangan diproses. tapi saya tetap harus tindak dan beri hukuman," kilahnya.  

Menyakapi hal itu, praktisi hukum, Safri Nyong  mengaku heran. Menurutnya jika kode etik atau disiplin diterapkan maka  pelaku yang merupakan anggota Polres  harus dihukum berdasarkan sangsi kode etik maupun disiplin seperti kurungan 21 hari hingga penundaaan pangkat.

Yang terjadi justru  pelaku malah mondar mandir dengan bebas, bahkan salah satu yang diduga sebagai pelaku yakni  Kasat Lantas Halsel tetap memegang jabatan  dan melaksanakan tugasnya seperti biasa. "Karena itu oknum polisi, maka penerapan hukum juga berbeda. Harus ada konsekuensi jabatan. Kami tidak tahu sangsi kode etik yang mana yang di maksud Kapolres," katanya. (one)

By taliabu pos

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama