Header ads

Header ads
» » » Maluku Utara Berpotensi Jadi Pengekspor Gurita Olahan

Gurita olahan
MAKASSAR-PT Perikanan Nusantara (Perinus) Makassar menjadi pelopor perusahaan yang mengekspor produk gurita olahan beku ke Jepang. Perusahaan rencananya akan melakukan survei ke beberapa daerah lainnya untuk melihat potensi ekspor gurita.
Direktur PT Perinus Makassar Dendi Anggi Gumilang, Indonesia memiliki sumber daya gurita yang melimpah. Tak hanya wilayah Makassar, Sulawesi Selatan, beberapa wilayah juga memiliki jumlah komoditi gurita yang cukup banyak, seperti Pulau Bacan, Halmahera Selatan, Ternate, Maluku Utara, dan Pulau Morotai di Maluku Utara.
"Di wilayah-wilayah Bacan, Ternate juga ada gurita, di daerah Morotai juga banyak tapi yang pertama kita survei dengan Jepang dengan standardisasi bentuk guritanya itu di Sulawesi Selatan," kata Dendi sebagaimana dilansir kumparan.com, Sabtu (27/5).
Mengingat begitu besar potensi yang dimiliki Indonesia, Dendi mengaku akan akan terus mengembangkan survei ke beberapa wilayah. "Nanti kedepan kita akan cari pengembangan ke wilayah lain," imbuhnya.
Dendi mengatakan ekspor gurita tidaklah mudah. Perlu proses verifikasai untuk memenuhi kualifikasi ekspor. Saat ini PT Perinus tengah memanfaatkan teknologi yang dihibahkan oleh Japan International Cooperation Agency (JICA) untuk peningkatan kualitas dan nilai tambah produk gurita yang ada di Sulsel.
Selain itu, agar kualitas gurita di Indonesia memiliki kualitas ekspor yang baik, dia juga akan memberikan pendampingan dan pembinaan kepada para nelayan untuk menangani hasil tangkapan ikan.
"Kalau penangkapannya tidak bagus kan kualitasnya malah nggak ada contohnya umpamanya menangkapnya sembarangan, itu mungkin nanti ada yang tergores atau umpamanya cuminya jelek dan ini sekang kita quality controlnya harus bagus,"jelas Dendi. (rdx) 

By taliabu pos

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama