Header ads

Header ads
» » Lahabato Calon Gubernur Independen

H. Abdurachman Lahabato
TERNATE-Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Daerah Pemilihan Maluku Utara, H. Abdurachman Lahabato menyatakan siap maju calon gubernur Maluku Utara melalui jalur independen atau perseorangan. Keinginan maju calon gubernur sudah bulat, bahkan saat ini telah melakukan sejumlah persiapan, salah satunya persiapan lounching calon gubernur independen pada Juni 2017.

Menurut mantan koresponden RCTI/SCTV wilayah Maluku Utara ini mengatakan, syarat dukungan calon perseorangan harus mendapat dukungan 54 ribu karena jumlah pemilih Maluku Utara sebanyak 900 ribu lebih. Lahabato mengisyaratkan, dirinya menargetkan akan mengumpulkan 250 ribu KTP. “Jika target itu tercapai 75 persen, tanpa mendahului takdir Tuhan, dan KPU menetapkan lolos sebagai cagub, Isnya Allah berpeluang menggantikan posisi Gani Kasuba,” paparnya kepada wartawan, Selasa (9/5).

Abdurachman menepis, stigma calon independen memiliki sumber daya yang relatif lebih terbatas dan tidak disertai dukungan DPRD mustahil memenangkan pertarungan politik melawan calon partai politik di Pilkada adalah tidak benar. Sebab, sejak pertama kali disahkan UU No.12 tahun 2008, beberapa calon independen baik di tingkat kota maupun kabupaten berhasil mencuri hati masyarakat dan memperoleh suara terbanyak dalam Pilkada, meskipun jumlahnya tidak banyak. “Menurut penelitian Skala Survei Indonesia (SSI), dalam Pilkada serentak 9 Desember 2015 lalu, setidaknya 35 persen wilayah memiliki calon independen,” ungkap Lahabato.

Menurutnya, jumlah tersebut 14,4 persen berhasil menang. Di tingkat Provinsi, satu-satunya calon independen yang berhasil menang adalah pasangan Irwandi Yusuf dan Muhammad Nazar dalam Pilkada Nangroe Aceh Darussalam (NAD) tahun 2006. “Pasangan tersebut mengalahkan tujuh kandidat lainnya, dengan perolehan suara sebesar 38,30 persen. Dengan begitu saya yakin dan percaya akan lolos,” harapnya. (jun)

By taliabu pos

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama