Header ads

Header ads
» » » Dikbud Pulau Taliabu Gelar Dialog Kebudayaan

Dialog Kebudayaan di Pulau Taliabu
BOBONG-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  (Dikbus) Kabupaten Pulau Taliabu menggelar dengan kebudayaan dengan thema : "Menumbuhkembangkan Budaya Taliabu dalam Insan Generasi Muda HemangsIa Sia Dufa"  bertempat di gedung Siadufa, Rabu dan kamis (11/05).

Dialog itu diikuti  300 peserta  terdiri dari tokoh adat, ketua pemuda, kepala desa, perwakilan guru-guru muatan lokal  SD dan SMP, se-kabupaten Pulau Taliabu. Acara ini  dibuka  staf ahli bupati, Tasrin Rasid  mewakili bupati Pulau Taliabu, karena Aliong Mus berhalangan.

Dalam sambutan bupati yang dibacakan Tasrin Rasid mengatakan, pemerintah daerah kabupaten Pulau Taliabu  menyadari bahwa pembangunan suatu daerah tidak hanya bertumpu pada pembangunan fisik semata melainkan  pembangunan yang bertumpu pada  manusia secara non fisik.

Sementara Nurjuni Kapota, kepala bidang kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  Kabupaten Pulau Taliabu yang juga ketua panita  melaporkan,  kegiatan ini berlangsung selama dua hari mulai 10-11 Mei 2017. Dialog ini  bertujuan  menjaring aspirasi  masyarakat dalam rangka menyatukan presepsi tentang simbol adat  di Pulau Taliabu.

“Jadi kegiatan ini  berlangsung dua hari dengan  dimaksud  menjaring aspirasi  masyarakat untuk menyatukan persepsi tentang simbol adat istiadat di Kabupaten Pulau Taliabu," papar Nurjana.

Nurjani menambahkan,  kegiatan ini bertujuan  melestarikan dan mempromosikan budaya Taliabu sekaligus melestarikan, mengenalkan, meningkatkan dan mempromosikan kebudayaan adat tari-tarian, rumah adat, pariwisata dan bahasa daerah asli Taliabu guna kepada masyarakat Indonesia dan mancanegara.  Sementara yang menjadi pemateri Antropolog  Universitas Khairun Ternate, Andi Surman Karman, S.Sos,MA dan Sarifudin Abdulrahman,S.Sos,.M.A. (nan)

By taliabu pos

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama