Header ads

Header ads
» » Bupati Kesal Sambutan Gubernur Saat Kunjungan Presiden

Bupati Halteng, Al Yasin Ali
WEDA-Bupati Halmahera Tengah M. Al Yasin Ali kesal dengan gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba yang mengambilalih sambutan ucapan selamat saat kunjungan Presiden Joko Widodo di Tepeleo, Senin (8/5) lalu.
Menurut Bupati Halteng dua periode ini, tidak ada pesan yang disampaikan gubernur kepada presiden, padahal menurut Yasin ia telah menyiapkan sambutan untuk menyampaikan kepentingan pembangunan di Halmahera Tengah.

Salah satu masalah krusial yang ingin disampaikan katanya, soal batas wilayah dengan negara luar. Disebutkan, dalam Perpres nomor 34 disebut ada tiga daerah di Malut yang masuk daerah terluar dan berbatasan dengan negara lain yakni Pulau Morotai,  Halteng dan Haltim. Namun yang masuk hanya Morotai.

“Ini sudah saya siapkan untuk disampaikan kepada Presiden tapi gubernur sudah mengambilalih.  Saya sesalkan gubernur yang hanya sampaikan ucapan selamat datang. Malah gubernur menyampaikan, kedatangan Presiden ke Tepeleo tidak disangka-sangka. Pak Presidenkan punya komitmen sesuai Nawa Cita membangun dari desa ke Kota makanya presiden harus turun sampai ke desa," ujar Yasin

Dengan komitmen itu menurutnya, Halteng tidak memiliki bandara namun Presiden berani datang menggunakan helikopter. Dijelaskan, sebelumnya sudah pernah dua menteri perhubungan menandatangani pembangunan bandara. Pada tahun 2003 dengan Menhub EE Mangindaan, namun ketika tim turun, menemukan runway hanya 1.800 meter.

Sementara keinginan Menhub sekarang, runway harus 3.000 meter, dan lahannya harus disipakan Pemda Halmahera Tengah. “Kita usulkan bandara harus berada di Ibukota Provinsi, tapi gubernur menyampaikan ke Presiden akan mengembangkan bandara Kao. Sedangkan jarak Kao ke Ibukota 200 Km lebih.  Sedangkan jarak Sofifi ke Weda hanya 90 Km," urai bupati Yasin.

Menurutnya,  mestinya gubernur berpikir bagaimana perencanaan kedepan, lebih cenderung membuka bandara provinsi di Weda karena jarak dan lahan masih ada. "Kalu jalan ini,  90 Km hanya ditempuh 2 jam,   itu pun karena jalan berliku dan hambatan tidam sampai 2 jam,” katanya. (hrn)

By taliabu pos

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama