Header ads

Header ads
» » 29 Desa di Halteng Gelar Pilkades Serentak 2017

Ilustrasi
WEDA-Tercatat sebanyak 29 desa yang tersebar di 8 kecamatam dalam wailayah Kabupaten Halmahera Tengah akan melaksanakan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak 2017.  Selain 29 melaksanakan Pilkades, 3 desa diantaranya melaksanakan musyawarah desa. Ketiga desa itu yakni desa Sagea dan Lelilef Woibulen, kecamatan Weda Tengah serta desa Mamin, kecamatan Pulau Gebe.

Tiga desa yang melaksanakan musyawarah itu telah menggelar Pilkades 2015, namun karena dua kades meninggal dunia yakni kades Lelilef Woebulen, sedang kades Sagea mengundurkan diri. Kadis PMD, Ridwan Basalem melalui Kabid PMD,  Husen Umagapi mengaku, Pilkades diagendakan akan dilaksanakan dalam bulan ini Mei 2017 ini. "Sementara fokus pembentukan panitia langsung oleh Dinas PMD," katanya, Jumat (12/5).

Husen mengaku baru sebagian desa telah memasukkan nama-nama panitia Pilkades. "Nanti nama-nama panitia yang sudah masuk dilakukan bimbingan teknis kemudian dilakukan penjaringan dan pelaksanaan pilkades," jelasnya.

Sambil menunggu panitia terbentuk, PMD menyiapkan peraturan bupati terkait Pilkades. "Karena ada kesepakatan-kesepakatan disetiap desa disesuaikan dengan kearifan lokal, termasuk aturan lain, soal ijazah, dimana regulasi terbaru harus berijazah SMA. Maka dari semua itu akan dibicarakan dan diantisipasi," jelas mantan kasubag dokumentasi dan pemberitaan Bagian Humas Pemda Halteng itu. Dia menambahkan, calon kades minimal 2 dan maksimal 5 calon. “Tidak bisa calon tunggal, kalau ada calon tunggal maka dilakukan penjaringan ulang," paparnya. (hrn)

By taliabu pos

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama